100+ Perintah CMD Beserta Fungsinya di Windows


Hai sobat LiTe, sedang mencari list perintah CMD (Command Prompt) dan tutorial menggunakannya? Jika benar, kalian berada di tempat yang tepat nih! Sebelum kami memberikan list perintah CMD dan tutorial menggunakannya, mari kita bahas sekilas mengenai apa itu CMD terlebih dahulu.

Pengertian CMD

Command Prompt atau biasa disingkat CMD merupakan salah satu aplikasi Command Line Interpreter (CLI) di sistem operasi Windows. CLI sendiri adalah program yang memungkinkan pengguna (user) untuk memberikan perintah dalam bentuk teks dan menjalankannya di komputer. CMD sudah ada sejak sistem operasi MS-DOS pertama kali dirilis dan terus mengalami perkembang hingga sekarang.

Cara Menggunakan CMD

Untuk membuka dan menggunakan kode perintah CMD sangat mudah loh. Kalian tidak perlu susah-susah mencari tautan download CMD di internet karena aplikasi tersebut sudah terpasang secara otomatis pada komputer berbasis Windows.

Berikut adalah langkah-langkah untuk membuka Command Prompt di Windows:

1. Ketik “Command Prompt” di kolom pencarian Windows, lalu pilih Run as administrator.

 

 

2. Sebagai alternatif, kalian bisa membuka dengan menekan tombol ‘Win+R’ pada keyboard, lalu ketik “cmd”, lalu klik OK.


Kumpulan Perintah CMD Beserta Fungsinya

Setelah sobat LiTe mengetahui definisi dan cara membuka CMD selanjutnya kami akan berikan daftar perintah CMD beserta fungsinya yang dapat kalian pakai di bawah ini.


{nextPage}


{nextPage}



Nah, itu tadi kumpulan perintah CMD beserta fungsinya yang sudah kami rangkum untuk kalian. Mulai dari perintah dasar CMD sampai perintah pengaturan jaringan, bisa kalian coba sendiri di komputer masing-masing.

Nantikan informasi seputar dunia teknologi, game, dan lainnya dari LingkupTekno.

 


Previous Post Next Post