20 Rekomendasi Mod Terbaru di Cities : Skylines

 

ZONEGAMESID - Cities : Skylines adalah game yang dikembangkan oleh Colossal Order dan diterbitkan oleh Paradox Interactive. Sama seperti gameplay game city building lainnya, yaitu membangun keindahan kota dan seisinya. Tidak hanya itu, kalian juga harus memerhatikan lalu lintas, pendidikan, keamanan, pekerjaan, dan lain-lain.

Walaupun sudah ada segudang fitur menarik di game Cities : Skylines, tetapi menurut aku masih kurang.  Untungnya, komunitas modder di game ini masih aktif di tahun 2020 ini. Nah di artikel rekomendasi kali ini kita akan melihat mod-mod terbaru yang aku rekomendasikan disini. Mari kita lihat.

Sebagai catatan bahwa jika kalian menggunakan DLC game versi terbaru seperti DLC Airport, gunakan mod yang terbaru juga karena biasanya sering error (Biasa mod TM:PE yg sering error). Btw post ini dibuat saat DLC Sunset Harbor :), tpi tenang link masih up

1. TM:PE (Traffic Manager: President Edition)

https://steamcommunity.com/sharedfiles/filedetails/?id=1637663252

Ini adalah mod TM:PE versi terbarunya yang bisa kalian pasang jika kalian punya dlc terbarunya Sunset Harbor (wajib pasang mod versi terbaru). TM:PE atau Traffic Manager adalah mod no 1 yang wajib kalian pasang. Di mod ini kalian bisa mengatur jalan-raya seperti melarang truk masuk di kota besar, mengatur kecepatan kendaraan, dan lain-lain. Sering kali kita melihat beberapa kendaraan tidak berjalan mulus. Seperti contoh mobil-mobil hanya mengambil 1 jalur diantara 3 jalur lainnya. Nah di mod ini kalian bisa mengatasinya.

2. Move i

https://steamcommunity.com/sharedfiles/filedetails/?id=1619685021

Mod ini sudah rilis versi terbarunya dan sudab kompatibel dengan dlc barunya yaitu Sunset Harbor. Seperti namanya, di mod ini kalian bisa memindahkan building, trees, prop, road dll dengan paksa. Untuk penggunaanya cukup mudah, kalian tinggal aktifkan modnya dan klik bagian mana yang mau dipindahkan. Jadi lebih mudah bukan?

3. Advance Vehicle Tool

https://steamcommunity.com/sharedfiles/filedetails/?id=1548831935

Mod AVO versi terbaru yang sudah kompatibel dengan dlcnya. Di mod ini kalian bisa mengcustom/mengatur kendaraan-kendaraan dengan lebih detail. Misal kendaraan mobil jeep yang berwarna merah diubah menjadi warna pink. Atau misal bus A yang berpenumpang 30 orang terus diubah menjadi 100 orang. Bisa!!

4. Roundabout Builder

https://steamcommunity.com/sharedfiles/filedetails/?id=1625704117

Roundabout Builder adalah mod yang memungkinkan kita untuk membuat sebuah bundaran jalan. Untuk penggunaanya cukup mudah. Kalian tinggal tekan CTRL + O untuk memakainya.

Direkomendasikan untuk memasang mod Fine Road Anarchy dan Fine Road Tool.

5. Fine Road Tool

https://steamcommunity.com/workshop/filedetails/?id=1844442251

 

Fine road tool adalah mod yang memudahkan kita untuk membuat jalan yang lebih rapi dan bagus. Di mod ini ada banyak berbagai pilihan yang tersedia dan tentunya kompatibel dengan dlc barunya.

 

6. Fine Road Anarchy

Before

After

https://steamcommunity.com/sharedfiles/filedetails/?id=802066100

Fine Road Anarchy adalah pasangan dari mod Fine Road Tool. Bedanya disini kalian bisa membangun jalan sesuka hati kalian. Tinggal klik CTRL + A maka kalian bisa membuat jalan tanpa ada larangan. Untuk lebih jelas lihat gambar diatas.

 

7. All Space Unlockable (25 Spaces)

https://steamcommunity.com/sharedfiles/filedetails/?id=403798635

Sedih rasanya jika kita ingin membangun kota tapi sudah tidak bisa membeli tanah lagi. Nah, di mod ini kalian bisa tuh membeli area alias tanah yang terkunci  tersebut. Secara default kalian hanya bisa membeli beberapa area saja, tergantung dengan map yang kalian pakai.

8. Empty It

https://steamcommunity.com/sharedfiles/filedetails/?id=1661072176

Empty It adalah mod yang memudahkan kita untuk mengatur kota secara gampang. Di mod ini kalian bisa mengatur bangunan seperti kuburan untuk membersihkannya atau meng empty secara otomatis jika tempatnya sudah penuh. Nah, jika sudah begitu kalian tidak perlu repot-repot untuk mengecek apakah kuburan tersebut sudah penuh atau belum karena mod ini akan secara otomatis mengosongkannya.

9. Extra Landscapping Tool

https://steamcommunity.com/sharedfiles/filedetails/?id=502750307

 

Extra Landscapping Tool adalah mod yang aku rekomendasikan jika kalian ingin mempercantik kota kalian. Di mod ini ada beberapa opsi/fitur menarik didalamnya, seperti contoh tree bush yang memungkinkan untuk membuat pohon dalam area yang telah ditentukan sehingga tidak perlu membuat pohon satu persatu

10. Ticket Price Customizer

https://steamcommunity.com/sharedfiles/filedetails/?id=1393820309

Ticket Price Customizer adalah mod yang menarik juga untuk dipasang. Sesuai dengan namanya, di mod ini kalian bisa memodifikasi harga tiket transportasi pada kota kalian secara detail.

11. Loading Screen Mod

 

Lanjut di part 2. Mod pertama yang aku rekomendasikan adalah Loading Screen Mod. Aku merekomendasikan mod ini kepada kalian jika kalian mempunyai mods atau assets yang sangat banyak. Fungsinya mod ini adalah mengoptimalisasikan loading saat masuk ke base game. Beberapa review dari steam merekomendasikan mod ini dan terbukti tidak lemot saat masuk ke base game.

12. More Beautification

 

More Beautification adalah mod yang cocok bagi kalian untuk membuat keindahan pada kota kalian secara detail. Seperti contoh memasang antena pada rumah-rumah, membuat rambu-rambu peringatan pada pinggir jalan, membangun billboard-billboard keren di sepanjang jalan bahkan di gedung-gedung sekalipun, dan masih banyak lagi. Mengatur kedetailan setiap sisi akan membuat kota kalian menjadi lebih indah dan rapi.

13. Buldoze it

 

Buldoze it adalah mod yang kurang lebih sama dengan Empty It. Kalian pasti pernah kan, melihat bangunan-bangunan yang sudah tidak ditinggali lagi karena suatu alasan tertentu. Tentu itu akan membuat kota menjadi tidak indah bukan. Nah, di mod ini akan secara otomatis membuldoze atau membongkarnya secara otomatis. Jadi kalian tidak perlu repot-repot untuk menghapusnya satu persatu :D.

14. Realistic Population Revisited

 

Ingin mencoba pengalaman simulasi dan gameplay baru? Muak dengan jumlah keluarga rumah yang banyak sedangkan di gedung-gedung hanya memiliki sejumlah kecil keluarga. Ingin membuat pajak lebih realistis, yaitu pajak akan bergantung dengan nilai tanahnya. Maka mod ini untuk kalian. Kurang lebih itu pengertiannya dari steam.

15. Parallel Road Tool

 

Parallel Road Tool adalah alat mod road lainnya. Di mod ini kalian bisa membuat parallel pada jalan kalian. Highly Recommend untuk memasang mod Fine Road Anarchy. Modnya bisa bekerja tanpa mod tersebut tapi akan ada beberapa segmen yang tidak work.

16. Electric Road

 

Electric mod adalah rekomendasi mod road lainnya yang saya buat. Mod ini akan membuat road/jalan kalian menjadi konduktor listrik. Jadi, kalian tidak perlu membangun tiang listrik untuk menghubungkan pembangkit listrik dengan rumah-rumah atau bangunan-bangunan lainnya. Jika kalian membangunan pembangkit listrik yang tidak terhubung jalan (Contoh: Wind Turbine) maka kalian perlu membuat tiang listrik seperti biasa

17. First Person Camera: Update

 

Siapa yang tidak tau dengan pengertian First Person Camera?:D. Ya, kalian seorang gamers pasti tau dong dengan FPS eh maksudnya FPC (First Person Camera). Jadi, mod ini memungkinkan kita untuk membuat camera menjadi first person atau bahasa Indonesianya sudut pandang orang pertama.

18. Ploppable Rico Revisited

 

Ingin membuat style kota sendiri. Ingin membuat seperti bangunan kota seperti Jakarta?. Kalian bisa membuatnya dengan mod ini, tapi kalian jangan lupa download assets juga ya :D. Jadi, di mod ini kalian bisa mengatur style pada kota kalian. Seperti contoh Unique Building di convert menjadi bangunan perkantoran. Atau taman di convert menjadi residental zones(perumahan biasa). Kurang lebih seperti itu contohnya.

19. Find It

 

Mod selanjutnya adalah Find It. Di mod ini kalian akan lebih mudah untuk menemukan assets yang kalian punya. Tinggal ketik sesuatu di search box maka akan muncul assetsnya. Saya merekomendasikan mod ini jika kalian sudah memunyai lebih dari 1000 assets yang terpasang.

20. Achieve It

 

Perlu diingat bahwa jika kalian memakai mod(apapun itu), maka achievement kalian tidak akan aktif. Nah, mod ini akan memaktifkan kembali hal tersebut sehingga kalian tetap bisa untuk mendapat achievement saat bermain game tersebut.

 Note : 

Bagi kalian yang malas untuk mendownload modnya satu-satu, kalian bisa mendownload mod punya saya sendiri plus assetnya. Ukurannya hanya 700 MB an termasuk beberapa mod yang saya sebutkan diatas. Sebagai catatan file dibawah sudah diuji pada DLC Airport.

Download packnya disini ==> Addons.rar

Untuk caranya, ekstrak file tersebut lalu copy ke C:\Users\NamaPCkalian\AppData\Local\Colossal Order\Cities_Skylines.

 

 

 

 

 

 

 

Previous Post Next Post