4 Aplikasi Tools Coding Ringan Terbaik untuk PC atau Laptop Kamu

 

Coding merupakan makanan sehari-sehari seorang programmer. Seorang programmer tentunya butuh tools text editor untuk coding. Ada beberapa Tools Coding baik diluar sana, namun disini saya memberikan rekomendasi tools coding ringan yang cocok untuk komputer atau laptop kalian. Pastinya juga mendukung multiplatfrom.

Tools yang saya rekomendasikan ini saya sebut ringan karena ukurannya tidak lebih dari 200MB. Berikut adalah rekomendasi 4 Aplikasi Tools Coding Ringan Terbaik : 

1. Visual Studio Code



Pertama adalah tool yang paling saya rekomendasi yaitu VS Code. VS Code mendukung banyak sekali bahasa pemrograman disertai juga ekstensi-ekstensinya yang selalu up-to-date. Sekarang total lebih dari 20.000 ekstension yang terdaftar. VS Code ini merupakan tool buatan Microsoft dan merupakan text editor populer untuk saat ini. Yang saya suka dari VS Code ini adalah karena banyaknya ekstensi yang dihadirkan. Jika kalian developer web, kalian bisa install ekstensi web seperti html, php, javascipt, Laravel dll. Atau jika kalian developer apps, kalian bisa download ekstensinya seperti flutter, java, dll. 

2. Sublime Text



Selanjutnya adalah Sublime Text, Sublime text biasa digunakan dalam program berbentuk python dan C/C++ namun masih mendukung bahasa pemrograman lainnya. Yang terbaik dari aplikasi Sublime Text ini adalah adanya fitur highlight yang sangat membantu dalam proses koding. Fitur ini bisa merekomendasikan systax yang akurat agar program kalian berjalan efektif.

3. Notepad++



Jika kebanyakan notepad yang terinstall di windows adalah notepad bawaan, maka Notepad++ merupakan versi upgradenya. Notepad++ ini mendukung semua bahasa pemrograman lewat plugin tambahannya yang bisa kalian tambahkan saat proses install. Notepad++ tidak menghadirkan fitur sebanyak dua program diatas sehingga kita tidak terlalu ribet2 untuk mengaturnya. Proses membuka/compile nya pun cepat daripada dua program diatas.

4. Atom



Sejujurnya saya belum pernah mencoba Atom, namun mostly developer menggunakan aplikasi ini. Sekilas aplikasi Atom ini seperti VS Code yaitu menghadirkan banyak ekstensi didalamnya disertai dukungan bahasa programnya yang banyak. Fitur terbaik dari aplikasi ini adalah kita bisa memilih workspace atau tema coding kita sesuai yang kita sukai. Ada banyak sekali pilihan workspace yang tersedia. Jika kamu yang menyukai visual, mungkin bisa mencoba aplikasi coding satu ini.

Baik itu saja guys artikel kali ini, sebenarnya ada banyak sekali koding diluar sana yang masih bagus. Namun kebanyakan mereka harus menginstall aplikasi bawaannya terlebih dahulu sehingga ukurannya pun bisa bergiga-giga. Jadi 4 aplikasi koding diatas merupakan aplikasi coding ringan saja. Tidak lebih dari 200Mb an. Bagi kalian yang punya rekomendasi lain bisa tulis di komen yaa...

5 Comments

Previous Post Next Post