Kalian harus tahu, ini dia 8 aplikasi untuk jadi VTuber yang sangat recommended

Buat kalian yang ingin jadi Virtual YouTuber atau mau jadi waifu kalian sendiri, berikut saya rekomendasikan software yang dapat membuat kalian menjadi karakter VTuber yang kalian inginkan.





1. Facerig

Jika Kalian tidak memerlukan editor video yang akan membantu Kalian mengedit, maka Facerig akan menjadi pilihan yang baik untuk Kalian.

Jika Kalian ingin menjadi YouTuber virtual yang hanya akan terus menampilkan wajahnya, Kalian akan sangat puas dengan antarmuka intuitif dari Facerig.

Aplikasi Facerig memungkinkan Kalian membuat avatar YouTuber virtual, dan memiliki fitur seperti cosplay digital instan, kualitas render yang luar biasa, pemrosesan suara waktu nyata, dan alat penyesuaian.

Dengan cara ini, Kalian akan dapat membuat avatar virtual yang akan sangat mirip dengan Kalian, dan tidak ada perangkat lunak lain yang akan memberi Kalian semua opsi yang ditawarkan Facerig.

Ini mendukung beberapa teknologi streaming langsung, sehingga Kalian akan dapat menghubungkannya dengan program atau platform streaming apa pun dan bahkan membagikan realitas virtual Kalian dengan perangkat lunak lain yang dibuat untuk vtubers.

Avatar virtual Kalian bahkan dapat disesuaikan sepanjang permainan, dan yang harus Kalian lakukan hanyalah memilih opsi yang Kalian inginkan di sudut kanan atas.

Jika Kalian ingin membuat interaksi dengan audiens Kalian, Kalian selalu dapat bertanya kepada mereka jenis avatar apa yang ingin mereka lihat dan memilih ekspresi wajah yang akan menyerupai ekspresi kehidupan nyata Kalian dan perasaan Kalian saat berinteraksi dengan mereka.




2. Wakaru

Wakaru adalah salah satu program tertua yang memungkinkan Kalian membuat video virtual dan cosplay sebagai avatar pilihan Kalian.

Ini sangat populer di Asia, dan menawarkan beberapa pilihan, editor video singkat, dan fitur-fitur canggih yang memungkinkan Kalian membuat presentasi virtual pilihan Kalian.

Saat Kalian menggunakan Wakaru, Kalian tidak perlu menginstal kit atau perangkat VR lainnya, dan Kalian akan dapat membagikan perangkat lunak animasi Kalian kepada pemirsa di platform streaming Kalian dengan mudah.

Kalian akan dapat membuat seluruh dunia virtual sehingga Kalian dapat membuat beberapa avatar berbeda dan kemudian memutarnya melalui aliran Kalian.

Setelah Kalian membuat akun di platform ini, Kalian akan dengan mudah dapat menyimpan semuanya dan membagikan avatar virtual Kalian saat Kalian membutuhkannya.

Yang perlu Kalian lakukan hanyalah mengunduh perangkat lunak Wakaru ke PC atau laptop Kalian, instal programnya, lalu buka.

Kalian tidak memerlukan fitur atau perangkat lunak tambahan jika ingin membuatnya berfungsi, yang akan menghemat banyak waktu Kalian.

Meskipun memiliki ratusan opsi dan sepenuhnya gratis untuk semua orang, Wakaru tidak memiliki perangkat lunak pelacakan terbaik, jadi ketika Kalian bergerak, mungkin tidak dapat mereplikasi gerakan dengan cara yang benar, dan video realitas virtual Kalian dapat tampak sedikit off dari waktu ke waktu.

Ini adalah pilihan yang baik untuk semua pemula dan perangkat lunak gratis hebat yang memungkinkan Kalian memahami cara kerja video realitas virtual.




3. VTube Studio

VTube studio adalah salah satu perangkat lunak tertua untuk avatar virtual yang telah mengumpulkan jutaan pengguna setia di seluruh dunia.

Ini diluncurkan bertahun-tahun yang lalu, tetapi masih tetap relevan, dan bahkan memungkinkan Kalian untuk menghubungkan akun Kalian ke perangkat lunak OBS dan menyederhanakan seluruh antarmuka tanpa masalah.

Vtube Studio memiliki lebih dari 100 fitur yang akan membantu Kalian mengontrol kehadiran Kalian di webcam, memungkinkan Kalian mengontrol gerakan, dan bahkan menambahkan detail baru ke avatar Kalian.

Ini adalah opsi yang bagus jika Kalian ingin menampilkan seluruh tubuh Kalian di webcam karena tidak semua perangkat lunak Vtuber menawarkan opsi avatar seluruh tubuh.

Namun, itu tidak dapat benar-benar melacak gerakan wajah Kalian secara singkat, jadi jika Kalian ingin mengedipkan mata atau tertawa atau menunjukkan ekspresi tertentu, Kalian mungkin perlu melakukannya sendiri di pengaturan.

Perangkat lunak ini dapat dikalianlkan, dan memberi Kalian akses ke banyak fitur dan filter hebat; jika Kalian tidak yakin jenis avatar apa yang Kalian inginkan dan bagaimana Kalian ingin melihat pada platform streaming ini, maka ini adalah pilihan terbaik untuk Kalian.




4. Hyper

Ini adalah perangkat lunak vtuber yang tersedia untuk pengguna Apple dan Android, dan Kalian dapat mengunduhnya ke PC atau laptop dan ke ponsel Kalian.

Saat menggunakan perangkat lunak ini, Kalian bahkan tidak perlu berada di depan kamera untuk membuat Youtuber virtual Kalian, dan Kalian cukup membuat tangkapan gerak yang akan Kalian bagikan dengan pemirsa lain setiap saat.

Setelah Kalian menyesuaikan avatar unik Kalian, Kalian bahkan dapat terlibat dalam panggilan video melalui kamera dengan menggunakannya dan menjadi bagian dari aliran Youtube dan hidup dengan wajah ini.

Orang yang menginvestasikan banyak waktu dan energi untuk membuat avatar mereka biasanya membuatnya terlihat dan terasa seperti orang sungguhan, dan jika mereka menyesuaikannya dengan cukup baik sehingga dapat dikenali dan menonjol, itu akan membantu Kalian menjadi orang terkenal di online masyarakat.

Banyak orang memilih untuk membuat avatar Vtuber mereka melalui Hyper karena ini adalah aplikasi yang menawarkan pelacakan, gerakan mata, dan teknologi berkualitas tinggi yang akan membuat avatar Kalian terlihat sangat alami dalam video.

Ini benar-benar menakjubkan dan terlihat sangat realistis, dan karena Kalian bahkan tidak memerlukan model atau orang sungguhan untuk itu, Kalian dapat mengontrol tampilan avatar sepenuhnya dan menciptakan aura yang ingin Kalian pancarkan.

Kalian harus membayar jika ingin mengakses semua fitur, papan kontrol, penangkapan gerak, tetapi jika Kalian mencari karir profesional di industri VR, itu akan sangat berharga.




5. Animaze

Perusahaan Facerig menciptakan teknologi dan perangkat lunak Animaze, tetapi aplikasi ini tampaknya memiliki lebih banyak opsi dan panduan yang lebih baik untuk semua hal realitas virtual.

Dengan Animaze, Kalian akan dapat membuat kepribadian Vtuber baru Kalian dan membuat adegan yang akan terlihat identik dengan yang Kalian lihat di film animasi dan kemudian mempublikasikannya di aliran Kalian.

Mereka tidak hanya memiliki ratusan filter dan opsi berbeda yang memungkinkan Kalian membuat avatar Vtuber dalam bentuk apa pun, tetapi Kalian juga dapat membuat film pendek dengan avatar sebagai karakter utama.

Jika Kalian mencari cara untuk meningkatkan permainan Kalian dan tumbuh lebih luas di komunitas streaming, maka ini jelas merupakan perangkat lunak yang akan membantu Kalian.

Saya akan merekomendasikan Kalian untuk menggunakannya di komputer Windows karena ini adalah cara banyak Vtuber menggunakannya untuk membuat konten.

Namun, Kalian perlu menginvestasikan sejumlah uang untuk mendapatkan akses ke semua yang ditawarkan teknologi ini, jadi ini pasti untuk orang yang sedikit lebih berpengalaman.




6. PrprLive

Alternatif Facerig, kurang lebih sama tapi lebih ringan.

PrprLive adalah perangkat lunak asisten siaran langsung Live2D yang dikembangkan oleh Steam. Perangkat lunak ini dapat mencapai kecepatan bingkai tinggi, peralihan multi-ekspresi, penggunaan CPU yang lebih rendah, sementara perangkat lunak ini juga mendukung interaksi pemberian hadiah, pencahayaan Live2D, dan fitur canggih lainnya untuk membuat siaran langsung Kalian memiliki hasil yang lebih baik.




7. VR Chat

VR Chat juga merupakan perangkat lunak yang cukup lama yang memiliki beberapa pengaturan pelacakan dan gerakan terbaik dan memberi Kalian begitu banyak opsi dan filter berbeda untuk avatar Kalian.

Ini memungkinkan Kalian untuk membuat avatar dan video seluruh tubuh, dan jika Kalian tidak mau, Kalian bahkan tidak perlu menyalakan kamera karena algoritme akan merekam suara Kalian dan kemudian membuat avatar Kalian bertindak sesuai dengan itu.

Kalian dapat mengubah tampilan karakter Kalian kapan pun Kalian mau, dan Kalian juga dapat membagikan semua yang telah Kalian buat di aplikasi ke Youtube, Twitch, Discord, atau platform lainnya tanpa hambatan.

Hal terbaik tentang VR Chat World adalah Kalian juga dapat menelepon teman Kalian untuk bergabung dan menciptakan pengalaman orisinal dengan mereka yang kemudian dapat disiarkan langsung di akun Kalian.

Ini memiliki berbagai gerakan, transformasi, dan perilaku berbeda yang akan membuat karakter Kalian terlihat seperti orang sungguhan, dan Kalian tidak perlu khawatir tentang keaslian video Kalian saat menggunakannya.




8. VRoid Studio

VRoid adalah alat khusus yang dibuat untuk membuat karakter anime 3D, dan biasanya digunakan oleh orang-orang yang menyukai anime dan karakternya.

Jika Kalian adalah bagian dari komunitas anime dan Kalian ingin membuat avatar gerak yang menyerupai pahlawan anime favorit Kalian, maka ini adalah perangkat lunak Vtuber terbaik untuk Kalian.

Ini adalah aplikasi gratis yang memungkinkan Kalian untuk melakukan pelacakan dan bahkan mengunggah contoh karakter favorit Kalian dan kemudian membuat avatar yang akan menyerupainya.

Kualitas avatar di aplikasi ini tidak terlalu bagus, tetapi ini jelas merupakan pilihan yang baik jika Kalian mencari avatar anime yang akan terlihat bagus di webcam Kalian.

Sebagian besar pengguna di platform ini terlibat dalam komunitas anime, dan aplikasi ini tampaknya dapat menawarkan semua fitur dan detail yang diperlukan.

Ini tersedia untuk pengguna Android dan Apple, dan kompatibel dengan semua platform streaming popular.

7 Comments

Previous Post Next Post