Cara downgrade versi laravel dengan mudah

Laravel dikenal dengan frameworknya yang popular. Bahasa yang dibuat pemrograman PHP ini telah memikat banyak peminat progamer diseluruh dunia. PHP menjadi bahasa pemrograman yang sangat dinamis, tapi semenjak adanya Laravel, dia menjadi lebih powerful, cepat, aman, dan simpel. Setiap rilis versi terbaru, Laravel  selalu memunculkan teknologi baru di antara framework PHP lainnya.

Laravel versi terbaru jelas mendapatkan banyak fitur-fitur dan perbaikan. Namun ada kalanya kita ingin membuat laravel menjadi versi yang spesifik. Ada banyak alasan, salah satunya adalah untuk mendukung layanan hosting.

Terkadang versi PHP juga mempengaruhi alasan kalian ingin downgrade versi laravel. Laravel versi terbaru (9 Keatas) mengisyaratkan PHP versi 8 keatas. Untuk lebih jelasnya lihat gambar berikut :


Untuk menginstall laravel versi tertentu sebenarnya sangat mudah untuk dilakukan.

Jika kalian ingin install versi spesifik maka 
composer create-project laravel/laravel:^5.8 nama-project
angka 5.8 bisa kalian ganti sesuai versi yang kalian inginkan seperti 8, 8.*, dsb.

Namun jika kalian sudah terlanjur terinstall laravel, maka kalian akan sedikit mengotak atik file project laravel kalian. Berikut caranya..

Tutorial downgrade versi laravel

Cara untuk downgrade versi laravel kalian adalah mengubah kode composer.json kalian. Namun sebelum itu hapus folder vendor dan composer.lock pada project laravel kalian terlebih dahulu. Setelah itu buka file composer.json dan temukan kode berikut :
"require": {
   "php": "^8.1",
   "laravel/framework": "9",
},
Nah pada kode diatas tinggal ubah sesuai dengan versi yang kalian inginkan, jangan lupa juga mengubah versi php yang didukung. 


Setelah kode sudah diubah menjadi versi yang kalian inginkan jalankan
composer install
Jika mengalami error masalah versi php jalankan
composer install --ignore-platform-reqs
Setelah menjalankan kode diatas maka kalian sudah men-downgrade versi laravel kalian. Namun perlu diingat menurunkan versi laravel sedikit kompleks karena plugin third party bisa saja tidak bekerja atau error ketika menjalankan composer install. Solusinya adalah menurunkan versi plugin third party tersebut sesuai dengan versi laravelnya (Bisa diganti di composer.json). Kalau pengalaman saya ketika mendowngrade versi laravel 9 ke laravel 8, ubah semua versi third party package lain menjadi -1. Misal ^6.0 diubah menjadi ^5.0.

Sekian dari tutorial kali ini, sebenarnya memang cukup rumit untuk menurukan versi laravel kalian. Namun jika kalian teliti kalian bisa mengatasinya sendiri. Jika kalian punya pertanyaan atau saran bisa komentar di bawah ya... Saya harap tutorial diatas dapat membantu kalian hehe

2 Comments

Previous Post Next Post