Tutorial Membuat dan Menghapus Partisi HDD atau SSD di Windows 11


Biasanya, jika kamu membeli PC desktop atau laptop baru yang sudah terpasang Windows 11 dan di dalamnya hanya memiliki 1 partisi (local disk C) saja. Tentunya hal itu akan merepotkan mu dalam mengelola file, apalagi HDD atau SSD yang digunakan memiliki kapasitas besar.

Partisi disk sangat penting dilakukan agar mempermudah dalam pengelolaan file dan memisahkan antara sistem Windows dengan file lainnya. Selain itu, PC atau laptop mu akan beroperasi lebih optimal.

Lalu, bagaimana caranya membuat partisi disk di Windows 11? Sebenarnya, untuk membuat partisi disk di Windows 11 tidak jauh berbeda dengan Windows 10.

Sebelum membuat partisi disk, kamu harus membackup data atau file penting terlebih dahulu. Hal ini dilakukan untuk mengantisipasi kemungkinan data atau file tersebut hilang atau terhapus. Setelah itu, ikuti langkah-langkah pembuatan partisi disk di Windows 11 pada berikut ini.

Cara Membuat Partisi Disk

1. Klik Start Windows atau langsung ketik “Computer Management” di kolom pencarian yang tersedia. lalu pilih 'Run as administrator' untuk membukanya.



Selain membuka Disk Management melalui Computer Management, kamu bisa langsung membukanya melalui Windows Run dengan cara klik tombol 'Windows+R' pada keyboard dan ketik “diskmgmt.msc”, lalu klik Ok.


2. Klik kanan pada partisi yang ingin dibagi. misalnya membagi partisi (C) menjadi 2, sehingga nantinya akan menjadi partisi (C) dan partisi (D), lalu pilih 'Shrink Volume'.


3.  Setelah itu isikan kapasitas partisi baru pada bagian Enter the amount of space to shrink in MB. Kapasitas tersebut tidak boleh melebihi kapasitas yang tertera di Size of available shrink space in MB, misalnya membagi partisi (C) yang sebelumnya 500GB menjadi partisi (C) 175GB dan partisi (D) 300GB. Maka partisi baru tersebut kita kalikan dengan 1.000, sehingga angka yang diketik adalah 300.000MB bukan GB. kemudian klik Shrink.



4.    Klik kanan pada bagian Unallocated drive, lalu pilih 'New Simple Volume'.



5.    Klik Next



6.    klik Next lagi pada saat tab Specify Volume Size.

7.   klik 'Assign The following drive letter', pilih sesuai keinginan, misalnya tujuan kita membuat partisi D maka pilihlah D. kemudian klik Next.

8.  Pilih 'NTFS' pada File System, lalu isi nama partisi pada bagian Volume label misalnya “DATA”. Kemudian centang pada bagian Perform a quick format dan klik Next.

9.    Terakhir, klik Finish.

Setelah proses pembuatan partisi disk selesai, partisi yang telah dibuat akan secara otomatis muncul di File Explorer


{nextPage}

Selain membuat partisi baru, kamu juga bisa menghapus partisi HDD atau SSD yang sudah dibuat. Sebelum menghapus partisi, kamu harus membackup file atau data yang ada di dalam partisi tersebut karena file atau data dalam partisi akan ikut terhapus. Jika sudah melakukan backup, kamu dapat mengikuti langkah-langkah menghapus partisi disk di Windows 11 pada berikut ini.

Cara Menghapus Partisi Disk

1.    Buka Disk Management

2.    Cari partisi disk yang ingin dihapus, lalu klik kanan dan pilih Delete volume untuk menghapusnya.


3.    Klik Yes


4.    Setelah menghapusnya, partisi yang terhapus akan menampilkan kapasitas dan nama Unallocated

5.   Pindahkan kapasitas tersebut ke partisi lain dengan klik kanan pada partisi yang akan ditambahkan, lalu pilih Extend Volume


 

6.   Klik Next

7.  Pilih nilai tertinggi yang disarankan, lalu klik Next dan tunggu hingga proses selesai

 

8.  Terakhir, klik Finish


Nah, itu tadi tutorial membuat dan menghapus partisi HDD atau SSD di Windows 11 dari kami. Nantikan informasi seputar teknologi, game, dan lainnya dari lingkuptekno.


1 Comments

Previous Post Next Post