Tutorial Mengaktifkan dan Menonaktifkan Hyper-V di Windows

Hai sobat LiTe, pernahkah kamu menggunakan Virtual Mesin seperti VirtualBox,VMware, dan Qemu? Saat kamu akan menggunakan Virtual Mesin tersebut, kamu harus mengunduh dan menginstallnya di komputer terlebih dahulu. Namun, tahukah kamu bahwa Windows mempunyai Virtual Mesinnya sendiri?

Yup, Microsoft telah menyediakan Virtual Mesin pada sistem operasinya sejak windows 8 dirilis pada beberapa tahun lalu, Virtual Mesin ini dapat kamu gunakan sebagai alternatif pengganti VirtualBox, VMware, dan Qemu. Sama seperti Virtual Mesin pada umumnya, Hyper-V dapat digunakan untuk menginstall sistem operasi ke dalam sistem operasi yang berjalan tanpa takut crash atau hal lain yang dapat memengaruhi sistem operasi utama pada komputer.

Untuk kamu yang penasaran atau ingin mencoba menggunakannya, berikut kami rangkum langkah singkat mengaktifkan dan menonaktifkan Hyper-V di Windows.

Cara Mengaktifkan Hyper-V

1. Silahkan kamu buka Settings > Apps > Optional Features. Pada Optional Feature, scroll kebawah hingga menemukan More Windows features, lalu Klik.

2.  Cari Hyper-V, lalu ceklis pada kotak Hyper-V.


3.  klik Ok

4. Restart komputermu. Setelah itu, proses instalasi akan berjalan dan Hyper-V Manager akan tersedia di Start Menu untuk kamu gunakan.

Cara Menonaktifkan Hyper-V

Untuk menonaktifkan Hyper-V di Windows sangat mudah, Kamu tinggal ikuti langkah-langkah di atas, lalu hilangkan tanda ceklist pada kotak Hyper-V. Setelah itu restart komputer.


Nah, itu tadi tutorial mengaktifkan dan menonaktifkan Hyper-V di Windows dari kami. Nantikan informasi seputar teknologi, game, dan lainnya dari lingkuptekno 🤗.


Previous Post Next Post