Tutorial Membuat Game Shooter Sederhana, Membuat suara dan efek flash tembakan - Part 2

Pada tutorial sebelumnya kita telah membahas bagaimana membuat project baru, membuat target, dan membuat senjata serta tembakan menggunakan asset unity store (Scroll paling bawah untuk melihat tutorial sebelumnya). Sekarang kita akan belajar bagimana membuat suara dan efek flash tembakan saat menembak.

Tidak usah lama lagi, berikut adalah tutorialnya:

35. Sekarang kita akan menambahkan suara tembakannya. Kita akan menggunakan asset https://assetstore.unity.com/packages/audio/sound-fx/weapons/post-apocalypse-guns-demo-33515


36. Buat object baru yaitu Audio Source dan beri nama ShootSound. Masukkan audio yang sudah didownload. Setelah itu uncheck play on awake


37. Pada CameraController.cs, kita siapkan variable baru untuk mengambil audio tembakan yang sudah kita siapkan


38. Setelah itu memanggil fungsi shootSound seperti contoh dibawah ini


39. Setelah itu masukkan object Audiosource didalam scriptnya


40. Oke, suara sudah. Sekarang kita akan menambahkan efek muzzle flash. Disini kita akan menggunakan asset Toon Muzzleflash Pack. https://assetstore.unity.com/packages/2d/textures-materials/toon-muzzleflash-pack-56572


41. Buat dulu empty object sebagai wadah dari muzzleFlash. Atur posisinya supaya tepat di depan senjata


42. Kita masukkan salah satu muzzleFlash ke dalam folder Prefabs


43. Pada file yang sama, kita siapkan 2 variable baru


44. Lalu memanggil variabel tersebut dan mendestroy setelah 0.1 detik


45. Setelah itu masukkan object muzzle flash diperlukan pada script main camera



46. Atur ukuran dan rotasi dari prefab muzzleflash nya


47. Seharusnya, sekarang muzzleflash nya sudah bisa muncul setiap tembakan

Sekian tutorial kali ini. Untuk melihat tutorial sebelumnya atau selanjutnya bisa klik link dibawah ini


Jika ada yang dibingungkan bisa komen dibawah ya.😁
Previous Post Next Post