Tutorial Membuat Game Shooter Sederhana, Membuat UI dan Score - Part 3

 Akhirnya kita berada pada tutorial terakhir untuk membuat game shooter sederhana.

Pada tutorial sebelumnya kita telah membahas bagaimana membuat suara tembakan dan efek flash tembakan (Scroll paling bawah untuk melihat tutorial sebelumnya). Sekarang kita akan belajar bagaimana membuat UI dan score. Penambahan ini dimaksudkan untuk membuat game menjadi lebih seru lagi.

Tidak usah lama lagi, berikut adalah tutorialnya:

48. Sejauh ini, senjata masih terlihat statis. Tidak ada pergerakan sama sekali. Kita akan menambahkan animasi weapon sway. Kita tambahkan script baru pada object Weapon

49. Pertama-tama buat deklarasi atau variable pada script WeaponSway.cs

50. Lalu, kita tambahkan script seperti di bawah ini

51. Pada object Weapon, atur isi dari variable Smooth dan Multiplier nya

52. Seharusnya, sekarang setiap kali player melakukan gesture pada mouse maka pergerakan dari model senjata tidak akan static lagi

53. Sekarang kita akan menambahkan UI text untuk menampilkan jumlah peluru yang tersisa. Pada CameraController.cs, kita deklarasikan dua variable baru

54. Pada void Update(), kita tambahkan ini

55. Pada void shoot(), kita tambahkan ini

56. Pada Unity, kita tambahkan UI Text yang berisikan jumlah peluru. Misal seperti ini

57. Pada main camera, drag and drop object UI Text Ammo tadi

58. Selanjutnya kita akan mencari gambar peluru yang akan kita tampilkan di sebelah kiri angka dari jumlah peluru tersisa. Contohnya dapat di download dari url https://www.flaticon.com/free-icon/bullet_7380401?term=bullet&page=1&position=19&page=1&position=19&related_id=7380401&origin=tag

59. Pada Unity, buat folder baru bernama Images. Letakkan gambar png tersebut ke dalam folder tersebut. Lalu tambahkan UI Image pada scene. Berikan nama AmmoImage

 

60. Ubah Texture Type dari gambar bullet.png menjadi Sprite (2D and UI).

61. Masukkan gambar tersebut pada object AmmoImage dan atur posisi ukuran nya. Seperti ini

62. Seharusnya, setiap kali satu tembakan. Maka jumlah peluru akan berkurang

63. Selanjutnya kita akan menambahkan mekanisme score pada tiap target. Sebelumnya, coba atur target nya menjadi seperti ini agar collider nya tidak bermasalah

64. Pada target hijau, tambahkan script juga

65. Pada GreenScore.cs, tambahkan script seperti ini

66. Lakukan hal yang sama juga pada target lainnya. Selanjutnya di dalam void update, sesuaikan saja besaran dari angkaScore

67. Pada object Targets, tambahkan script

68. Tambahkan script seperti ini

69. Pada Unity, drag and drop semua variable yang diperlukan

70. Oke sudah, seharusnya setiap kita menembak target yang ada. Maka score akan ditambahkan.

71. Sekarang kita akan menambahkan recoil dengan teknik procedural. Pertama kita buatkan empty parent dulu untuk Main Camera. Misal seperti ini

72. Selanjutnya masukkan MuzzleFlash pada Weapon

73. Pada Main Camera, masukkan object Camera Holder ke dalamnya. Seperti ini

74. Pada object weapon, remove component script Weapon Sway. Dan buat script baru bernama Procedural Recoil

75. Di dalam file ProceduralRecoil.cs, kita siapkan dulu deklarasi variable-variable nya dan juga untuk void start

76. Selanjutnya kita tambahkan script ini

77. Pada CameraController.cs, kita tambahkan deklarasi yang berguna untuk menghubungkan dengan file ProceduralRecoil.cs. Tak lupa, untuk memanggil void recoil juga.

78. Pada Main Camera, tambahkan object Weapon ke dalam variable Recoil agar terdeteksi secara otomatis script Procedural Recoil nya

79. Lengkapi semua variable yang dibutuhkan pada Procedural Recoil. Seperti ini

80. Berikan empty parent terhadap prefab senjata nya. Misal seperti ini

81. Masukkan script weapon sway pada empty object tersebut

82. Apabila terjadi bug, coba lepaskan Main Camera dari parent Camera Holder. Dan juga hapuskan perintah cam.localRotation = Quaternion.Euler(currentRotation); pada file ProceduralRecoil.cs.

Sekian tutorial kali ini. Untuk melihat tutorial sebelumnya bisa klik link dibawah ini

Part 1 - Membuat project baru, target, dan senjata

Part 2 - Membuat suara dan efek flash tembakan

Yak sekian dari terakhir kali ini. Jika masih bingung bisa komen dibawah ya.😁



Previous Post Next Post