Review Game Cities Skylines Indonesia - Simulasi jadi Walikota




Sudah bertahun-tahun lamanya saya bermain game ini dan sampai sekarang saya belum pernah bosan. Apa yang ditawarkan di dalam game ini sangat lengkap. Mungkin kalian jika mendengar game yang bertema City Building. Paling cuman buat kota, bangun instalasi listrik ,air, bangun taman, bangun jalan raya, bangun tempat wisata dan lain-lain.
 
Terdengar mudah, namun kenyataannya sangat berbeda karena game ini bukan cuman itu saja yang harus dilakukan. Game ini sangat kompleks, kalian harus terus memantau perkembangan kotamu. Semakin padat kotamu semakin sulit juga mengaturnya. Jika kalian tidak merencanakannya dari awal, maka kotamu akan semakin bermasalah di kemudian waktu. 
 
Game ini dibuat oleh Colossar order dan sudah rilis pada tahun 2015. Hingga saat ini game ini masih banyak user yang memainkannya. Terbukti dengan banyaknya DLC2 baru yang siap menemani anda.
 
Dasar-Dasar Permainan
 
Sama dengan game-game bertema city building lainnya. Kalian harus membangun kota yang baik dan sempurna agar disukai penduduk dan turis asing. Yang paling membedakan dari game simulasi lainnya adalah adanya simulasi transportasi. Jadi semua penduduk mempunyai tujuannya masing-masing. Pergi bekerja, pergi sekolah, atau mungkin berkeliling kota. Semuanya memiliki tujuan yang jelas sehingga kita akan melihat banyaknya traffic-traffic yang ada
 
Banyak sekali pilihan yang tersedia
 
 
 
Di game ini kalian bisa mengatur tanah apa saja yang dibangun pada kota tersebut. Ada banyak pilihan seperti rumah biasa(low residential), gedung/apartemen (high residential), pertokoan, pabrik, hingga perkantoran. Tidak hanya itu, kalian juga bisa membuat sebuah distrik tertentu dengan tema tertentu. Sebagai contoh saya membuat distrik A yang akan saya jadikan kota Turis atau mungkin distrik B yang akan saya jadikan kota ECO atau green house. Semuanya terlihat sangat jelas. Struktur rumah atau gedung akan menyesuaikan dengan tema pilihan tersebut secara otomatis.
 
Selain tanah kalian juga bisa membangun bangunan-bangunan tertentu seperti pembangkit listrik, taman, rumah sakit, dan bangunan penting lainnya.
 
Budget yang sangat komplet

 
Budget memegang peranan penting dalam game ini. Kalian harus mengatur seberapa persenkah anggaran yang akan dialokasikan di berbagai sektor seperti Walikota asli :v. Tidak lupa juga pajaknya, karena pajak sebagai sumber penghasilan utama di game ini. Tips saya jika kalian baru membuat kota baru, atur budgetnya sekecil mungkin agar tidak rugi. Lalu bagaimana jika sudah terlanjur. Tenang, di sini kalian juga bisa meminjam uang yang disertai dengan bunganya.
 
Simulasi Lalu-lintas yang sangat baik

 
Di game ini kalian akan melihat berbagai lalu-lintas yang sedang berjalan di kota kalian. Simulasi lalu lintas yang dihadirkan disini sangat kompleks. Semua orang mempunyai tujuan yang jelas masing. Misal seseorang akan pergi bekerja dengan menggunakan mobil, truk-truk pabrik yang memberikan pasokan pada toko-toko. Turis asing yang ingin berwisata, dan masih banyak lagi. Ada banyak jenis-jenis transportasi. Misal truk kayu memberi pasokan ke pabrik kayu. Truk donat memberi pasokan ke toko-toko dan lain-lain. 
 
Game cities skyline ini sangat realistis dengan kehidupan nyata. Kalian akan melihat orang-orang yang sedang bekerja, truk-truk yang sedang menjalankan tugas, anak-anak yang pergi sekolah dan lain-lain. Sama halnya manusia di dunia nyata.
 

 
Kemacetan merupakan masalah utama

potret kemacetan di pelabuhan

 
Kemacetan adalah masalah utama di game ini. Bagaimana jadinya jika truk-truk pabrik tidak bisa memberikan pasokan ke pertokoan. Otomatis toko tersebut akan bangkrut dan tutup. Lalu bagaimana jika ada rumah yang kebakaran. Mobil pemadam kebakaran otomatis akan terjebak dalam kemacetan tersebut sehingga kebakaran akan menyebar ke rumah-rumah disekitarnya bukan?. Oleh karena itu dibutuhkan perencanaan yang kompleks untuk membangun kota agar tidak mengalami kemacetan. Seperti melonggarkan jalan, membuat jalan baru satu arah, membuat jalan tol dll. Dibutuhkan perencanaan dari awal permainan karena jika kota sudah terlanjur padat tentu akan sulit juga mengaturnya.
 
Komunitas mod yang masih aktif
 
 
Jika kalian merasa bosan dengan beberapa bangunan-bangunan yang itu2 saja. Kalian juga bisa download mod2 nya di steam. Atau jika anda kesusahan mengatur traffic, kota dan lain-lain. Kalian juga bisa download modnya agar lebih mudah mengaturnya. Sebagai contoh MOD TMPE yang berfungsi sebagai pengatur lalu lintas yang sangat kompleks. Terkadang di game cities skylines ini simulasi transportasi tidak seratus persen akurat sehingga kita butuh mod ini untuk memperbaikinya
 

mod Pembangkit Nuklir
 
 
Game terus berkembang
 
Seperti saya sudah saya katakan sebelumnya. Game ini masih berkembang dengan adanya penambahan dlc-dlc baru walaupun game ini sudah lama rilis di tahun 2015. 
 
Kesimpulan
 
Jika saya disuruh pilih game city building terbaik. Maka saya akan pilih cities skylines karena selain membangun kota impian kita juga diharuskan mengatur traffic-traffic agar tidak macet. Dan inilah yang paling kusukai dalam gamenya. Jika kalian merasa sulit atau bosan kalian juga bisa download mod-modnya di steam atau di situs pihak ketiga. Saya sendiri jika merasa bosan saya mulai mencari mod-mod yang baru dan memainkannya. Terbukti dengan cara ini saya jarang mengalami bosan.
 
Dibutuhkan spek yang tinggi minimal 8 gb ram (menurutku) untuk memainkannya dengan lancar. Kekurangan lainnya di game ini adalah terkadang mobil-mobil tidak berjalan semestinya. Misal ada banyak sekali mobil pada satu lane yang mengantre panjang. Tentu ini sangat menyebalkan tapi kalian bisa mengatasinya dengan MOD TMPE.
 
Walaupun terdapat kekurangan di game tersebut, kita dapat memperbaikinya dengan mod tertentu. Sehingga game ini tetap sangat seru dimainkan. Jika kalian tertarik memainkannya kalian bisa melihat spek minimum yang dibutuhkan di bawah ini
sumber: steam
 
Beberapa Potret Game Cities Skylines
gelombang tsunami

Stadion Camp Nou

Stadion Juventus

Faulzig University (FU)

Jalan Tol
 
potret rumah yang tergenang tsunami

Jalanan Tsunami :(
 
Sekian review game cities skyline saya. Beberapa review dari steam bisa dilihat di bawah ini
 
 

3 Comments

Previous Post Next Post