Umur SSD : Berapa lama SSD dapat bertahan ?

Dari perusahaan besar hingga usaha kecil hingga penyedia layanan terkelola (managed services provider/MSPs), kebutuhan penyimpanan di berbagai industri melonjak.

Faktanya, sebuah laporan IDC menyatakan bahwa kita dapat memperkirakan ukuran total data di seluruh dunia akan tumbuh 61% pada tahun 2025, ketika akan mencapai 175 zettabytes. Saat perusahaan bergulat dengan persyaratan penyimpanan yang menakutkan ini, mereka perlu mempertimbangkan beragam pilihan untuk meningkatkan kinerja dan menggunakan sumber daya mereka seefektif mungkin.


Solid-state drives and hard disk drives

Dalam beberapa tahun terakhir, bisnis telah mulai berinvestasi dalam solid-state hard drive untuk kebutuhan penyimpanan data mereka. Juga dikenal sebagai SSD, solid-state hard drive berfungsi secara inheren berbeda dari hard disk drive (HDD). Di mana HDD memiliki bagian yang bergerak secara fisik seperti lengan aktuator dan disk yang berputar, SSD—seperti namanya—sepenuhnya solid. Mereka tidak mengandung bagian yang bergerak dan karena itu menggunakan metode yang sama sekali berbeda untuk menulis dan menyimpan data.

Untuk membandingkan kedua teknologi ini dan metode yang mereka gunakan, pertama-tama pertimbangkan HDD. HDD menggunakan disk yang sensitif secara magnetis, lengan aktuator dengan fungsi baca/tulis, dan motor yang memutar disk dan menggerakkan lengan. Saat komputer menyimpan data, HDD menulis informasi itu dengan mengkodekannya melalui sinyal magnetik antara lengan aktuator, disk, dan trek melingkar. Sebagai perbandingan, SSD menggunakan chip memori flash—biasanya chip flash NAND. Semikonduktor mengubah muatan listrik dari susunan ini, menyimpan kode dalam prosesnya.

Dibandingkan dengan HDD tradisional, SSD menawarkan banyak manfaat bagi bisnis—mulai dari kinerja yang lebih cepat hingga daya tahan yang lebih besar. Namun, karena teknologi SSD sangat baru, banyak pemangku kepentingan memiliki pertanyaan tentang ketahanan dan keandalan SSD. Baik Anda ingin berinvestasi dalam SSD untuk MSP atau pelanggan Anda, penting bagi Anda untuk mengetahui seluk beluk SSD sehingga Anda dapat membuat keputusan yang paling tepat.


Berapa lama SSD bertahan?

SSD cukup baru di pasar, artinya produsen masih mencoba mencari tahu berapa lama mereka akan bertahan. Saat ini, vendor menggunakan tiga faktor berbeda untuk memperkirakan masa pakai SSD: usia SSD, jumlah total terabyte yang ditulis dari waktu ke waktu (TBW), dan penulisan drive per hari (DWPD). Berdasarkan metrik yang digunakan, jawaban atas pertanyaan “Berapa lama SSD bertahan?” akan bervariasi.

Misalnya, usia SSD telah terbukti menjadi penentu yang berharga dalam kinerja dan umur panjangnya. Perkiraan saat ini menempatkan batas usia untuk SSD sekitar 10 tahun, meskipun umur SSD rata-rata lebih pendek. Faktanya, sebuah studi bersama antara Google dan University of Toronto menguji SSD selama beberapa tahun. Selama penelitian itu, mereka menemukan usia SSD adalah penentu utama kapan SSD berhenti bekerja. Para peneliti yang mengerjakan penelitian ini juga menemukan SSD diganti sekitar 25% lebih jarang daripada HDD.

Cara lain untuk mengukur berapa lama SSD akan bertahan adalah jumlah total terabyte yang ditulis dari waktu ke waktu (TBW). TBW memperkirakan berapa banyak penulisan sukses yang dapat Anda harapkan dari sebuah drive selama masa pakainya. Jika produsen mengatakan SSD mereka memiliki TBW 150, itu berarti drive dapat menulis 150 terabyte data. Setelah drive mencapai ambang batas itu, kemungkinan kalian harus menggantinya.

Yang terakhir dari tiga metrik yang mungkin digunakan produsen saat memprediksi masa pakai hard disk mereka adalah penulisan hard disk per hari (DWPD). DWPD mengukur berapa kali pengguna dapat menimpa jumlah penyimpanan yang tersedia di drive setiap hari selama masa pakainya. Jika SSD memiliki kapasitas 200 GB dan dilengkapi dengan garansi lima tahun, misalnya, pengguna dapat menulis 200 GB ke drive setiap hari selama masa garansi sebelum gagal. Jika ragu, Anda dapat menggunakan kalkulator masa pakai SSD online untuk memperkirakan masa pakai SSD.


Mana yang lebih tahan lama: SSD atau HDD?

Baik Kalian ingin berinvestasi dalam perangkat keras penyimpanan baru untuk MSP Kalian sendiri atau pelanggan Kalian, ada baiknya untuk memahami keuntungan dan kerugian relatif dari SSD dan HDD. Meskipun opsi yang tepat akan bervariasi tergantung pada beberapa variabel seperti anggaran Kalian, sifat pekerjaan yang Kalian lakukan, dan seberapa banyak keausan yang Kalian harapkan untuk dipasang pada hard disk Kalian, keduanya dapat menjadi opsi yang layak bagi perusahaan di berbagai industri.

Misalnya, HDD mungkin bukan teknologi mutakhir, tetapi mereka memiliki manfaatnya. Mereka sudah ada selama beberapa dekade, yang berarti para profesional teknologi sangat akrab dengan cara kerjanya. Sebaliknya, para ahli masih mempelajari bagaimana SSD berfungsi dalam jangka panjang. Selain itu, HDD lebih terjangkau daripada SSD dan cenderung menawarkan jumlah penyimpanan yang lebih besar per model. Manfaat ini berarti bahwa HDD hemat biaya dan umumnya merupakan pilihan yang layak untuk banyak bisnis.

Namun, HDD juga memiliki kekurangannya sendiri. Karena mereka bergantung pada bagian fisik yang bergerak, mereka rentan terhadap kerusakan dan malfungsi seperti halnya SSD. Menjatuhkan perangkat dengan HDD dapat menyebabkan sejumlah bagian ini rusak, membuat drive tidak dapat dioperasikan—dan membuat informasi apa pun yang tersimpan di HDD sangat sulit untuk diambil. Terakhir, HDD lebih besar dan menggunakan lebih banyak energi dibandingkan SSD. Ini menghadirkan tantangan desain, terutama dengan perangkat seluler seperti laptop.

Sebaliknya, SSD menawarkan serangkaian pertimbangan unik mereka sendiri untuk bisnis. SSD memiliki banyak manfaat—sebagai permulaan, SSD cenderung memberikan kinerja yang lebih cepat karena cara mereka memproses, menyimpan, dan mengakses data. Ini bisa sangat berguna jika menyangkut aplikasi bisnis kompleks yang mungkin membutuhkan waktu lebih lama untuk dimuat. Di luar itu, SSD memiliki bobot yang lebih ringan, tidak seintensif energi seperti HDD, dan lebih tahan lama karena tidak memiliki bagian bergerak yang rapuh yang terkait dengan HDD.

Sementara SSD memang memiliki potensi kerugian, produsen berupaya meningkatkan teknologinya. Seperti yang dibahas sebelumnya, setelah SSD penuh, mereka hanya dapat menulis informasi baru dengan menghapus informasi lama. Seiring waktu, ini menciptakan keausan pada sel flash dan akhirnya membuatnya tidak dapat digunakan. Namun, banyak SSD mulai menggunakan algoritme level keausan untuk memastikan ruang digunakan seefektif mungkin.

Singkatnya, masa pakai masing-masing SSD dan HDD akan berubah tergantung cara Kalian menggunakannya. Meskipun HDD secara nominal menawarkan lebih banyak ruang penyimpanan daripada kebanyakan model SSD, HDD lebih rapuh karena bagiannya yang bergerak dan rentan terhadap kerusakan. Di sisi lain, setiap siklus P/E menurunkan SSD, yang berarti ada titik pasti saat SSD tidak akan berfungsi lagi.

4 Comments

Previous Post Next Post