Pembahasan Singkat Apa Itu Apache License, Version 2.0

 Apache License, Version 2.0 




  • Definisi 

    Apache License adalah sebuah lisensi perangkat lunak-bebas yang ditulis oleh Apache Software Foundation (ASF). Apache License (versi 1.0, 1.1, dan 2.0) mengharuskan untuk mempertahankan pemberitahuan dan sanggahan hak cipta, tetapi bukan termasuk lisensi copyleft yang memungkinkan penggunaan kode sumber untuk pengembangan perangkat lunak berpemilik dan juga perangkat lunak bebas dan sumber terbuka. 

    Lisensi Apache diakui oleh Open Source Initiative sebagai lisensi yang populer dan digunakan secara luas dengan komunitas yang kuat. Semua Apache Software Foundation (ASF), termasuk proyek Server HTTP Apache yang perangkat lunaknya mendukung lebih dari setengah server web Internet, menggunakan lisensi ini. Akibatnya lisensi digunakan secara luas meskipun digunakan oleh hanya sekitar dua persen dari proyek berlisensi open source pada repositori perangkat lunak Sourceforge. 

    Lisensi Apache berada dalam kategori permisif karena pengguna dapat melakukan apapun yang mereka inginkan dengan kode tanpa sedikit pengecualian. Tidak seperti lisensi copyleft , tidak memerlukan karya turunan dari perangkat lunak, atau modifikasi dari aslinya, untuk didistribusikan menggunakan lisensi yang sama. Itu masih membutuhkan penerapan lisensi yang sama untuk semua bagian yang tidak dimodifikasi. Dalam setiap file berlisensi, pemberitahuan hak cipta, paten, merek dagang, dan atribusi asli harus disimpan (tidak termasuk pemberitahuan yang tidak berkaitan dengan bagian mana pun dari karya turunan). Dalam setiap file berlisensi yang diubah, harus ditambahkan pemberitahuan yang menyatakan bahwa telah dilakukan perubahan pada file tersebut.

  • Teknik Distribusi
    Dalam Apache License ini, Anda dapat mereproduksi dan mendistribusikan salinan Karya atau Karya Turunannya dalam media apa pun, dengan atau tanpa modifikasi, dan dalam bentuk Sumber atau Objek, asalkan Anda memenuhi ketentuan berikut:

    1. Anda harus memberikan salinan Lisensi ini kepada penerima Karya atau Karya Turunan lainnya,
    2. Anda harus menyebabkan file yang dimodifikasi membawa pemberitahuan penting yang menyatakan bahwa Anda mengubah file,
    3. Anda harus menyimpan dalam bentuk Sumber dari setiap Karya Derivatif yang Anda distribusikan. Semua pemberitahuan hak cipta, paten, merek dagang, dan atribusi dari bentuk Sumber Karya tidak termasuk pemberitahuan yang tidak berkaitan dengan bagianmana pun dari Karya Derivatif,
    4. Jika Karya menyertakan file teks "NOTICE" sebagai bagian dari distribusinya, maka setiap Karya Turunan yang Anda distribusikan harus menyertakan salinan notices atribusi yang dapat dibaca yang terkandung dalam file NOTICE tersebut. Isi file NOTICE hanya untuk tujuan informasi dan tidak mengubah Lisensi. Anda dapat menambahkan pemberitahuan atribusi Anda sendiri dalam Karya Derivatif yang Anda distribusikan, di samping atau sebagai tambahan pada teks PEMBERITAHUAN dari Karya, dengan ketentuan bahwa pemberitahuan atribusi tambahan tersebut tidak dapat ditafsirkan sebagai memodifikasi Lisensi.

    Anda dapat menambahkan pernyataan hak cipta Anda sendiri ke modifikasi Anda dan dapat memberikan syarat dan ketentuan lisensi tambahan atau berbeda untuk penggunaan, reproduksi, atau distribusi modifikasi Anda, atau untuk Karya Derivatif tersebut secara keseluruhan. Asalkan penggunaan, reproduksi, dan distribusi Karya oleh Anda mematuhi ketentuan yang dinyatakan dalam Lisensi ini.

  • Limitasi
    Dalam keadaan apa pun dan tanpa teori hukum, baik dalam gugatan (termasuk kelalaian), kontrak, atau lainnya, kecuali diwajibkan oleh hukum yang berlaku (seperti tindakan yang disengaja dan sangat lalai) atau disetujui secara tertulis, kontributor akan bertanggung jawab kepada Anda atas kerusakan, termasuk kerusakan langsung maupun tidak langsung.

  • Pelanggaran Lisensi
    Lisensi Apache memungkinkan pengguna akhir untuk memodifikasi bagian dari kode asli di bawah lisensi apa pun selama itu berisi dokumentasi yang sesuai yang diperlukan Apache dalam kode yang didistribusikan kembali. Hal-hal yang bisa menyebabkan pelanggaran dalam lisensi ini adalah copyrigth, yang mana pengguna tidak memodifikasi bagian dari kode asli.

  • Perangkat Lunak yang menggunakan Lisensi Apache License
            Contoh Perangkat Lunak yang menggunakan lisensi Apache License ini adalah Apache HTTP Server. Server HTTP Apache atau Server Web/WWW Apache adalah server web yang dapat dijalankan di banyak sistem operasi (Unix, BSD, Linux, Microsoft Windows dan Novell Netware serta platform lainnya) yang berguna untuk melayani dan memfungsikan situs web. Apache HTTP Server ini berjenis Server web.


















5 Comments

Previous Post Next Post