Gimbal Kamera Racun Parah | Feiyutech Scorp Basic C & Pro

 

Bagi seorang videografer yang menginginkan video yang stabil dan ingin mengambil angel yang unik, tentunya gimbal menjadi salah satu alat yang wajib di miliki. Salah satu brand yang sudah terkenal di kalangan konten kreator yaitu Feiyutech, kini kembali lagi merilis produk baru mereka, yang akan membuat kita merakan feel yang berbeda dalam mengambil sebuah video cinematik yakni sebuah gimbal Scorp series, dan tidak nanggung – nanggung ada 3 varian yang dirilis : Feiyu Scorp C, Feiyu Scorp Basic, dan Feiyu Scorp Pro.  Apa saja perbedaannya? Mari kita simak pembahasan berikut ini

Berat dan Maks Beban



Berat dari gimbal untuk varian Scorp Basic dan Scorp C yaitu sama 1200g (1,2 kg) sedangkan varian Scorp Pro memiliki berat yang hampir 2 kali lipat dari saudaranya yaitu 2100g (2,1 kg). Berat dari ketiga gimbal ini tergolong cukup ringan dibandingkan beban maksimal yang dapat di tampung, yaitu sekitar 2500g (2,5kg) untuk versi Scorp C dan basic, sedangkan untuk versi Pro sekitar 4800g (4,8kg).

Kapasitas Batrai

Ketiga varian ini sama – sama mengusung baterai 2500mAh, yang diklaim memiliki batrai life 12 – 13 jam, waktu yang sangat lama yang mana rata – rata seorang videografer melakukan job maksimal 4 – 8, dan itu pun tidak nonstop, jadi batrai life yang seperti itu sudah lebih dari cukup, namun bagi yang merasa kurang, gimbal ini memiliki fitur fast charging sampai 18W yang hanya memerlukan waktu 1,6 jam untuk mengisi penuh daya gimbal ini

Dimensi dan Build Quality

Feiyutech Scorp Basic dan C memiliki dimensi yang sama, yaitu 314.4*210.7*243.3mm (dalam kondisi Balencing) dan 280.8*266.2*71.3mm (dalam kondisi terlipat). Berbeda sendiri, Feiyutech Scorp Pro memiliki dimensi 334.6*195.8*274mm (dalam kondisi Balencing) dan 353.1*75.3*234.9mm (dalam kondisi terlipat). Walaupun terbilang cukup compact tetapi build quality dari gimbal ini sangat solid karena bahan dari body gimbal ini adalah Synthetic macromolecular resin dan aluminum alloy.



(Dimensi Scorp Basic Dan C kondisi Balancing)



(Dimensi Scorp Basic Dan C kondisi Terlipat)



(Dimensi Scorp Pro kondisi Balancing)



(Dimensi Scorp Pro kondisi Terlipat)

 

Aksesoris

- Scorp C

 


①Main body x1
②Type-C to Type-C(C02) x1
③Type-C to TRS2.5(T02) x1
④Type-C to 2.5mm Panasonic shutter cable(DC2.5mm) x1
⑤Type-C to Micro(A03) x1
⑥Type-C to Multi Sony shutter cable x1
⑦USB2.0 to Type-C x1
⑧Tripod x1
⑨Quick release plate x1
⑩Camera backing base x1
⑪Camera fixed screw x3
⑫Lens holder screw x1
⑬Lens holder x1

 

- Scorp Basic



①Storage box x1
②Subject x1
③Camera cable x1
④Data cable x1
⑤Tripod x1
⑥Quick release plate x1
⑦Height increasing block x1
⑧Camera fixed screws x1
⑨Lens holder fixed knob x1
⑩Lens holder x1

 

- Scorp Pro


①Storage box*1
②Camera cable*6
③Data cable*1
④Subject*1
⑤Tripod*1
⑥Removable Handle Grip*1
⑦Height increasing block*1
⑧Lens holder*1
⑨Quick release plate*1
⑩Camera fixed screw*1
⑪Lens bracket fixed screw*1

 

Fitur Menarik

1.    Kamera Compatible

Gimbal ini compatible dengan banyak kamera mulai dari Fujifilm, Sony, Nikon, Canon, dan Panasonic, untuk lebih detail dapat mengunjungin link berikut Feiyutech Compatibility Checking.

2.    Locking

Seperti pada gimbal pada umumnya gimbal ini juga memiliki Three-axis motor lock, fungsi dari fitur ini untuk mengunci pergerakan motor saat melakukan balancig sehingga memudahkan penggunan dalam melakukan balencing gimbal.

3.    Hangging Handle

Hangging handle disini cukup menarik karena sudah build in dengan gimbal ini, dan juga sudah dilengkapi layar touchscreen (Scorp Basic dan Pro) dan tombol untuk memudahkan penggunaan gimbal. Untuk layar touchscreen sendiri sangatlah responsif sehingga mudah untuk navigasi dan setting gimbal langsung dari layar touchscreen. Khusus Scorp Pro, bagian handlenya dapat di lepaskan untuk digunakan sebagai wireless controller.

4.    Kaki Tripod

Walaupun dalam paket penjualan gimbal ini dilengkapi dengan mini tripod, tetapi juga dilengkapi dengan 2 kaki yang sudah build in sehingga dapat berdiri tanpa mini tripod lagi, hal ini cocok buat orang yang suka ketinggalan mini tripod ataupun hanya ingin membawa unit gimbalnya saja.

 

Kesimpulan

Gimbal ini sangat cocok buat orang yang baru memulai videografi ataupun sudah profesional, berbagai fitur menarik sudah disematkan pada gimbal ini dan juga sudah compatible dengan banyak camera. Lalu mana yang terbaik, jawabannya sesuaikan dengan kebutuhan dan budget yang dimiliki, misalnya jika masih pemula atau pun profesional yang menggunakan gear dibawah 2,5 kg disarankan menggunakan Scorp Basic karena memiliki layar touchscreen sehingga memudahkan setting gimbal langsung dari gimbalnya sendiri, namun bagi yang memiliki budget terbatas dan tidak masalah tanpa layar touchreen maka Scorp C adalah pilihan yang tepat, dan terakhir bagi yang memiliki budget tak terbatas dan ingin mencoba semua fitur yang dimiliki gimbal ini dapat membeli Scorp Pro.

5 Comments

Previous Post Next Post