5 Contoh Program Komputer yang Menggunakan Prinsip Matematik Diskrit

 5 Contoh Program Komputer yang Menggunakan Prinsip Matematik Diskrit









Matematika diskrit atau diskrit adalah cabang matematika yang membahas segala sesuatu yang bersifat diskrit. Diskrit disini artinya tidak saling berhubungan (lawan dari kontinyu). Beberapa hal yang dibahas dalam matematika ini adalah teori himpunan, teori kombinatorial, permutasi, relasi, fungsi, rekursif, teori graf, dan lain-lain. Matematika diskrit merupakan mata kuliah utama dan dasar untuk bidang ilmu komputer atau informatika.

Keterkaitan antara matematika dan komputer ada dalam dua hal, yaitu :

1. Matematika dapat mencari persamaan logika yang rasional yang dapat diterjemahkan ke dalam komputer melalui bahasa pemrograman

2. Komputer dapat melakukan perhitungan logika rasional matematis secara cepat dan tepat.

Dengan demikian, banyak ilmu matematika diskrit yang prinsipnya digunakan dalam pemanfaatan pembuatan program komputer. Berikut beberapa contoh program komputer yang menggunakan prinsip matematika diskrit :

    1. Program komputer dalam dunia bank yang digunakan untuk menyediakan informasi buku rekening bulanan para nasabah

           Pengolahan angka-angka dalam matematika diskrit dapat digunakan untuk membentuk suatu rumus pemrograman yang digunakan dalam pengembangan ilmu komputer. Dalam pembuatan program komputer menggunakan sistem bilangan biner dan kode bilangan yang disusun dengan urutan tertentu, sehingga menghasilkan suatu program komputer yang dapat digunakan untuk mempermudah aktivitas kita.

    2. Aplikasi penghitung peluang dalam permainan kartu


           Salah satu contoh program komputer yang menggunakan prinsip matematika diskrit adalah aplikasi penghitung peluang dalam permainan kartu, dimana aplikasi ini menggunakan matematika diskrit sebagai dasarnya, yaitu dengan perhitungan kombinatorial dan teori peluang diskrit.

    3. Pengembangan software dan hardware


            Pengembangan software dan hardware merupakan penerapan ilmu matematika disktri. Misalnya perkembangan processor dalam komputer. Processor menggunaan operasi matematika untuk menerjemahkan perintah dari user. Processor semakin dikembangkan agar proses penerjemahan suatu perintah menjadi lebih cepat dan efisien.

    4. Cloud Computing atau icloud

           Contoh program komputer prinsip matematia distrik seperti Cloud Computing atau icloud yaitu metoda komputasi yang terkait dengan teknologi informasi yang disajikan sebagai layanan untuk menyimpan data-data dalam jumlah yang cukup besar.

    5. Kriptografi

           Kriptografi adalah suatu ilmu yang mempelajari bagaimana cara menjaga agar data atau pesan tetap aman saat dikirimkan, dari pengirim ke penerima tanpa mengalami gangguan dari pihak ketiga. Dalam kriptografi terdapat 2 konsep utama yakni enkripsi dan deskripsi. Enkripsi adalah proses dimana informasi/data yang hendak dikirim diubah menjadi bentuk yang hampir tidak dikenali sebagai informasi awalnya dengan menggunakan algoritma tertentu. Sedangkan deskripsi adalah kebalikan dari enkripsi yaitu mengubah kembali bentuk tersamar tersebut menjadi informasi awal.

    Demikian beberapa contoh program komputer yang menggunakan prinsip matematika diskrit, Semoga bisa membantu teman-teman semua & semoga sangat bermanfaat.

Previous Post Next Post