25 Game Online Multiplayer Terbaik 2021 di PC dan Mobile

Hai sobat gamer, game online multiplayer memang sudah menjadi hal yang umum untuk dimainkan saat ini, termasuk mereka yang menggunakan platform mobile seperti Android dan iOS. Bermain game online tentunya paling seru jika dimainkan bersama teman, keluarga maupun orang lain yang belum pernah kamu kenal sebelumnya, apalagi saat pandemi saat ini yang mengharuskan kita tetap dirumah dan mengurangi mobilitas di luar rumah.

Nah, kalau sobat gamer sedang mencari game untuk mabar, Ane bakal mengulas rekomendasi game online multiplayer terbaik 2021 yang bisa kamu mainkan di PC dan Mobile.


1.  PUBG

PlayerUnknown's Battlegrounds (PUBG) adalah sebuah video game bergenre battle royale, di mana 100 orang sekaligus dapat bermain secara daring. Pemenang dari permainan ini adalah individu atau tim yang dapat bertahan hingga akhir. Pemain bisa bermain sendirian (solo), tim dengan dua orang (duo), dan tim dengan empat orang (squad). Pemain bisa mengundang teman di  daftar teman (friend list) untuk bergabung ke dalam permainan sebagai sebuah tim.

Developer  : PUBG Corporation
Publisher  : Krafton (Windows), Tencent Games (mobile)
Engine : Unreal Engine 4
Platform  : Windows, Android, Ios
Genre : Multiplayer, Action, Shooter, Survival, Battle Royale

2.  Apex Legends

Apex Legends adalah game bergenre battle royale free-to-play, game ini berada di alam semesta yang sama dengan Titanfall. Apex berbeda dari kebanyakan permainan battle royale dengan menggunakan Legend.

Pemain dikelompokkan ke dalam sebuah tim dengan tiga orang, dengan masing-masing pemain memilih karakter Legend berbeda. Semua tim memulai tanpa peralatan dan diterbangkan ke atas peta permainan melalui dropship dari arah acak dan pemain lalu terjun ke sembarang tempat di peta yang dilalui dropship. Setiap tim menjelajahi peta permainan untuk mencari senjata, amunisi, dan peralatan lainnya sembari berjuang untuk menjadi tim terakhir yang tersisa, dan berusaha tetap berada di zona aman yang terus menyusut.

Developer : Respawn Entertainment

Publisher : Electronic Arts
Engine : Source
Platform : Windows, Android
Genre : Multiplayer, Action, Shooter, Survival, Battle Royale

3.  Monster Hunter: World

Monster Hunter: World adalah game role-playing aksi yang dikembangkan dan diterbitkan oleh Capcom dan utama kelima dalam seri Monster Hunter . Dalam permainan, pemain mengambil peran sebagai Hunter, yang ditugaskan untuk memburu dan membunuh atau menjebak monster yang berkeliaran di salah satu dari beberapa ruang lingkungan. 

Di game ini, pemain dapat membuat perlengkapan yang sesuai untuk dapat memburu monster yang lebih sulit, yang pada gilirannya menyediakan bagian-bagian yang mengarah ke perlengkapan yang lebih kuat. Pemain dapat berburu sendiri atau dalam kelompok hingga empat pemain melalui multiplayer online game.

Developer : Capcom

Publisher : Capcom
Engine : MT Framework
Platform : Windows
Genre : Action role-playing, Single-player, Multiplayer, Fantasy, Adventure

4.  Dead by Daylight


Dead by Daylight adalah game video horor bertahan hidup. Game ini dimainkan secara jamak oleh beberapa pemain secara daring. Skenario permainan ini adalah satu lawan empat, di mana ada seorang pemain yang berperan sebagai pembunuh, dengan empat orang pemain lainnya berperan sebagai penyintas yang harus berusaha bertahan hidup dan lari dari si pembunuh.

Developer: Behaviour Interactive

Publisher   : Behaviour Interactive
Engine       : Unreal Engine 4
Platform    : Windows, Android, Ios
Genre        : Survival, horror, Multiplayer

5.  Genshin Impact

Genshin Impact adalah permainan free-to-play action RPG open world. Di dunia yang bernama Teyvat ini, orang-orang yang terpilih oleh dewa pelindung Archon dikaruniai kendali akan kekuatan elemen dalam bentuk Vision. Pemain akan berperan sebagai seorang Traveler yang menjelajah dunia untuk mencari saudaranya yang hilang. Dalam perjalanan kamu akan bertemu dengan berbagai rekan dengan karakter dan kekuatan yang berbeda-beda, dan mengungkap kebenaran di balik Genshin Impact.

Developer : miHoYo

Publisher : miHoYo
Engine : Unity
Platform :  Android, iOS, Windows
Genre :  Action role-playing, Adventure , Single-player, Multiplayer, Fantasy

6.  Back 4 Blood

Back 4 Blood adalah game online multiplayer first-person shooter. Gameplay Back 4 Blood sebagian besar mirip dengan Left 4 Dead, keduanya adalah game kooperatif 4 pemain dan 8 pemain dalam mode PvP dengan fokus pada multipemain dan replayability. Di dalam game, pemain harus  mengalahkan para zombie dan mempertahankan Fort Hope, sebuah pemukiman dalam fiksi Finleyville, Pennsylvania , Amerika Serikat.

Developer : Turtle Rock Studios

Publisher : Warner Bros, Interactive Entertainment
Engine : Unreal Engine 4
Platform : Windows
Genre : Survival, horror, shooter, Single-player, Multiplayer

7.  Counter-Strike: Global Offensive

Counter Strike: Global Offensive adalah sebuah game dengan mode FPS. Game ini didesain dengan menjadikan pemain sebagai penembak. Pemain dapat bergabung ke dalam kelompok Teroris ataupun Anti-Teroris di mana pemain diharuskan untuk menyelesaikan beberapa misi ataupun melenyapkan kelompok musuh. Permainan ini berlangsung dalam ronde yang pendek dan berakhir apabila pemain terkalahkan ataupun misi telah diselesaikan.

Developer : Valve, Hidden Path Entertainment

Publisher : Valve
Engine : Source
Platform : Windows, macOS
Genre : FPS, Multiplayer, Action

8.   Phasmophobia

Phasmophobia adalah game survival investigasi horor yang dimainkan dari sudut pandang orang pertama. Pemain bekerja sendiri atau dalam kelompok hingga empat pemain untuk mengurus hantu yang bergentayangan di beberapa bangunan kosong seperti rumah, sekolah, penjara dan rumah sakit jiwa. Phasmophobia menampilkan dua puluh hantu yang berbeda, yang masing-masing berperilaku berbeda dan memberikan petunjuk unik.

Developer : Kinetic Games

Publisher : Kinetic Games
Engine : Unity
Platform : Windows
Genre : Horror, Single-player, Multiplayer

9.     Fortnite

Fortnite adalah game video online yang dikembangkan oleh Epic Games dan dirilis pada 2017. Game ini tersedia dalam tiga versi mode game berbeda yang berbagi gameplay umum dan mesin game yang sama: Fortnite: Save the World, Fortnite Battle Royale , dan Fortnite Kreatif.

Developer : Epic Games

Publisher : Epic Games
Platform : Windows, macOS, iOS, Android
Engine : Unreal Engine 5
Genre : Survival, Battle Royale, Sandbox, Shooter, Action, Multiplayer

10.  Call of Duty: Warzone

Call of Duty: Warzone adalah video game battle royale free-to-play, game ini memungkinkan pertempuran multipemain daring di antara 150 pemain, meskipun beberapa mode permainan waktu terbatas mendukung 200 pemain. Mode lainnya termasuk Plunder, Rebirth Resurgence, Buy Back Solos dan lainnya.

Developer : Infinity Ward, Raven Software

Publisher : Activision
Engine : IW 8.0
Platform : Windows
Genre : Battle Royale, FPS, Multiplayer


11.   Sea of Thieves

Sea of Thieves adalah game first-person action-adventure bertema dunia bajak laut. Game ini digambarkan sebagai "permainan petualangan dunia bersama", yang berarti sekelompok pemain akan bertemu satu sama lain secara teratur selama petualangan mereka, terkadang membentuk aliansi, terkadang saling berhadapan. Pemain berperan sebagai bajak laut yang menyelesaikan perjalanan dari berbagai perusahaan perdagangan untuk menjadi legenda bajak laut pamungkas.

Developer : Rare

Publisher : Microsoft Studios
Engine : Unreal Engine 4
Platform : Windows
Genre : Action-adventure, Multiplayer, Open world

12.  Fall Guys

Fall Guys: Ultimate Knockout adalah video game battle royale platform yang mengambil inspirasi dari acara gim seperti Takeshi's Castle, It's a Knockout and Wipeout, dan permainan bermain seperti tag dan British Bulldog. Dalam game ini, para pemain direpresentasikan sebagai figur menyerupai jellybean yang bergerak di sekitar lapangan bermain tiga dimensi,dengan gerakan tambahan seperti melompat, meraih/memanjat, atau menyelam untuk membantu gameplay.

Developer : Mediatonic

Publisher : Devolver Digital, Epic Games
Engine : Unity
Platfrom : Windows
Genre : Battle royale, Multiplayer

13.  Secret Neighbor

Secret Neighbor adalah spin-off multiplayer dari Hello Neighbor. Permainan ini melibatkan sekelompok enam anak yang mencoba masuk ke ruang bawah tanah rumah Tetangga. Tanpa sepengetahuan mereka, salah satu dari anak-anak itu adalah Tetangga yang menyamar. Anak- anak harus mengumpulkan hingga 6 kunci untuk membuka pintu basement, sedangkan Tetangga harus menangkap semua anak.

Developer : Hologryph

Publisher  : tinyBuild LLC
Engine      : Unity
Platform   : Windows
Genre       : Horror, Adventure, Multiplayer

14.  Roblox

Roblox adalah platform permainan daring dan sistem pembuatan permainan yang memungkinkan pengguna memprogram permainan dan memainkan permainan yang dibuat oleh pengguna lain. platform ini menjadi tempat permainan yang dibuat pengguna dalam banyak genre, seperti permainan balap, permainan bermain-peran, simulasi dan kursus rintangan, diberi kode dalam bahasa pemrograman Lua.

Developer : Roblox Corporation

Publisher : Roblox Corporation
Engine : Roblox Studio
Platform : Windows, macOS, iOS, Android
Genre : Game creation system, massively multiplayer online, Single-player, multi-player

15.   Minecraft

Minecraft adalah game sandbox 3D yang tidak memiliki tujuan khusus dan tujuan yang jelas untuk dicapai, memungkinkan pemain memiliki kebebasan untuk memilih cara bermain. Namun, permainan ini memiliki sistem Achievement.  Permainan ini menggunakan perspektif orang pertama secara default, tetapi pemain dapat mengganti perspektif menjadi perspektif orang ketiga. Dunia game terdiri dari objek 3D kasar yang sebagian besar berbentuk balok.

Developer : Mojang Studios

Publisher  : Mojang Studios
Engine : RenderDragon
Platform : Windows, macOS, Linux, Android, iOS
Genre : Sandbox, survival, Single-player, multi-player

16.   No Time to Relax

No Time to Relax adalah game simulasi kehidupan dimana pemain dapat bermain bersama hingga 4 orang secara online atau offline untuk bersaing  antara satu sama lain dalam game kehidupan terbaik.

Developer : Porcelain Fortress

Publisher :  Porcelain Fortress
Engine : Unity
Platform : Windows
Genre : Casual, Indie, Simulation, Strategy, Single-player, multi-player

17.   Ghost Hunter Corp

Ghost Hunters Corp adalah game horor menakutkan yang dimainkan sendiri atau dalam tim yang terdiri dari 6 pemburu hantu. Misi mereka adalah mengidentifikasi entitas paranormal dan kemudian mengusir mereka.

Developer : StudioGoupil

Publisher : StudioGoupil
Platform : Windows
Genre : Horror, Single-player, Multiplayer

18.   League of Legends

League of Legends adalah game Multiplayer Online Battle Arena (MOBA). Dalam permainan, dua tim yang terdiri dari lima pemain bertarung dalam pertarungan PVP , masing-masing tim menempati dan mempertahankan separuh peta mereka. Masing-masing dari sepuluh pemain mengontrol karakter, yang dikenal sebagai "champion", dengan kemampuan unik dan gaya permainan yang berbeda.

Developer : Riot Games

Publisher  : Riot Games
Platform :  Windows, macOS, Android, Ios
Genre : Multiplayer, Strategy, Battle Arena

19.   Mobile Legends: Bang Bang

Mobile Legends: Bang Bang adalah sebuah game MOBA yang dirancang untuk ponsel. Kedua tim lawan berjuang untuk mencapai dan menghancurkan turent musuh sambil mempertahankan basis mereka sendiri untuk mengendalikan jalan setapak, tiga "jalur" yang dikenal sebagai "top", "middle" dan "bottom", yang menghubungkan turent-turent.

Di masing-masing tim, ada lima pemain yang masing-masing mengendalikan avatar, yang dikenal sebagai "hero", dari perangkat mereka sendiri.

Developer : Moonton

Publisher  : Moonton
Engine : Unity
Platform :  Android, iOS
Genre : Multiplayer, Strategy, Battle Arena

20.   Among Us

Among Us adalah game multiplayer untuk empat hingga lima belas pemain. Permainan berlangsung dalam latar bertema ruang angkasa dimana masing-masing pemain mendapatkan salah satu dari dua peran, sebagian besar menjadi Crewmates, dan lainnya menjadi Impostor. Sebuah permainan bisa berlangsung di salah satu dari tiga peta: pesawat ruang angkasa (The Skeld), gedung markas besar (Mira HQ), atau pangkalan planet (Polus).

Developer : Innersloth

Publisher :  Innersloth
Engine : Unity
Platform :  Android, iOS, Windows
Genre : Multiplayer, Laga

21.   UNO

Uno adalah video game yang memiliki kemiripan dengan permainan kartu dengan nama yang sama, di mana setidaknya 4 pemain menerima tujuh kartu dari 4 warna berbeda: Merah, Hijau, Kuning dan Biru. Pemain harus memainkan kartu dari warna atau angka/simbol yang cocok dan pertandingan hanya berakhir jika pemain mengosongkan tangannya terlebih dahulu.

Developer : Carbonated Games, Gameloft, Ubisoft Chengdu

Publisher : Microsoft Game Studios, Gameloft, Ubisoft
Engine :  Unity
Platform : Windows, Android, IOS
Genre : Card game, Single-player, multiplayer

22.   Free Fire

Garena Free Fire adalah game battle royale aksi-petualangan online yang dimainkan dalam perspektif orang ketiga .Pertandingan battle royale terdiri dari hingga 50 pemain terjun payung ke sebuah pulau untuk mencari senjata dan peralatan untuk membunuh pemain lain. Pemain bebas memilih posisi awal mereka dan mengambil senjata dan persediaan untuk memperpanjang usia pertempuran mereka.

Developer : Garena

Publisher : Garena
Engine : Unity
Platform : Android, IOS
Genre : Multiplayer, Action, Shooter, Survival, Battle Royale

23.   Game of Life 2

The Game of Life 2 adalah game board yang mensimulasikan perjalanan seseorang melalui hidupnya, dari perguruan tinggi hingga pensiun, dengan pekerjaan, pernikahan, dan kemungkinan anak-anak di sepanjang jalan. Dua hingga enam pemain dapat berpartisipasi dalam satu permainan. Variasi permainan menampung delapan hingga sepuluh pemain.

Developer : Marmalade Game Studio

Publisher : Marmalade Game Studio
Engine : Unity
Platform : Android, IOS,Windows
Genre : Multiplayer, Board game

24.    Pokemon Unite

Pokemon Unite merupakan game MOBA yang diangkat dari waralaba besar Pokemon. Konsep MOBA yang coba diusung oleh Pokemon Unite terbilang cukup unik. Dengan konsep lima lawan lima, kedua tim akan berlomba meraih sebanyak-banyaknya poin di arena pertarungan. Untuk mendapatkan poin, kedua tim perlu mengumpulkan Pokeball yang didapatkan dari membunuh monster atau membunuh Pokemon musuh yang sedang mengantungi Pokeball. Ketika Pokeball telah terkumpul, kalian hanya perlu memasukkannya ke Goal-Zone yang memiliki ring—semacam ring basket.

Developer : TiMi Studio

Publisher : The Pokemon Company
Engine : Unity
Platform : Android, IOS
Genre : Multiplayer, Strategy, Battle Arena

25.   Arena of Valor

Arena of Valor adalah MOBA yang dikembangkan untuk mobile. Gameplay Arena of Valoe secara keseluruhan sangat mirip dengan League of Legends , sebuah game MOBA di PC yang dikembangkan dan diterbitkan oleh Riot Games , yang juga merupakan anak perusahaan dari Tencent.

Developer :  Timi Studio Group

Publisher : Tencent Games, Proxima Beta
Engine : Unity
Platform :  Android, Ios
Genre : Multiplayer, Strategy, Battle Arena






Previous Post Next Post