Dancing Line 2D, Membuat Game Dengan Unity

 

Unity merupakan platfrom engine game dimana kalian bisa membuat game sendiri. Unity juga menyediakan banyak pilihan diantaranya 2D atau 3D dll didukung juga dengan cross platfrom jadi kalian bisa membuat game untuk desktop,Android, iOS dan sebagainya.

Banyak juga game-game terkenal yang dihasilkan oleh game engine ini, diantaranya ada Call of Duty: Mobile, Pokemon Go dan sebagainya. Pada artikel kali ini, kami membuat game dengan judul "Dancing Line 2D" dengan Unity. Kurang lebih Dancing Line 2D konsepnya sama dengan game Dancing Line yang ada di pasaran. Namun disini kami membuat versi 2D dimana jika game aslinya menggunakan versi 3D.

Dancing Line 2D (Kiri), Dancing Line 3D (Kanan)
 
Bagi yang belum tahu Dancing Line, Dancing Line adalah permainan petualangan dengan lagu. Konsepnya yaitu perpaduan arcade dengan rhythm, dimana kita harus melakukan tapping di saat yang tepat sesuai dengan lagu yang diberikan. Game dibuat dengan banyak jebakan dan irama yang cukup sulit, sehingga para pemain nantinya akan kesulitan dan bingung untuk menyelesaikannya, tetapi jika pemain sudah sering memainkannya pasti akan mudah memainkannya tanpa melihat layar, hanya dengan mendengarkan lagunya saja.
 

Desain dan Perancangan

Dancing Line yang kami buat baru memiliki 2 level/stage yang dihadirkan, setiap stage memiliki gambaran/tema masing-masing. Untuk stage pertama kami memberikan gambaran kehidupan manusia mulai dari bayi/anak2 hingga dewasa, dan level selanjutnya akan bertema hip-hop. Game kami buat juga menggunakan sistem checkpoint, dimana jika kita mati ditengah jalan maka bisa kembali ke checkpoint tanpa harus mengulang dari awal. Setiap stage juga memiliki garis finish yang ditandai  dengan berakhirnya lagu. Setelah finish, nantinya akan berlanjut ke stage/level berikutnya.

A. Flowchart

B. Desain

1. Halaman Utama

Halaman Utama

Pada halaman utama, ada beberapa tombol diantaranya : "Play", "Options", "Reset All", "Credits", "Exit", "Tutorial". Masing - masing dari tombol diatas memiliki fungsinya sendiri sebagai berikut :

a. Tombol Play



Tombol play memiliki fungsi yang berbeda dengan tombol lain. Tombol play berfungsi untuk memulai game dancing line. Dalam menu play terdapat stage atau level yang diberikan, dan jika level yang pertama belum terselesaikan level selanjutnya belum bisa dimainkan.

b. Tombol Options



Tombol options memiliki fungsi mengatur volume dalam game ini, sehingga para pemain bisa mengatur suara pada saat memainkan gamenya nanti.

c. Tombol Reset All


Tombol ini berfungsi mengembalikan semua keawal dimana jika semua level telah selesai jika menekan tombol ini akan kembali dan semua akan terkunci begitupun dengan setingan volume semua akan kembali ke pengaturan awal.

d. Tombol Credits



Tombol ini berfungsi untuk melihat pengembang dari game ini.

e. Tombol Exit


Tombol ini hanya berfungsi untuk keluar dari game ini dengan kata lain mengakhiri game. Apabila tombol ini diklik maka secara otomatis akan langsung keluar dari game.


f. Tombol Tutorial


Tombol ini di khususkan untuk pemain baru yang kesusahan memainkan game ini. Ketika tombil ini ditekan maka akan langsung menuju halaman tutorial, yang mana akan menampilkan game play dari permainan ini dan beberapa instruksi cara memainkan game ini.

2. Halaman Select Level

Halaman Select Level

Halaman select level, seperti namanya pemain disuruh memilih level yang akan dimainkan. Jika baru pertama kali atau setelah pemain menekan tombol reset, maka pemain hanya bisa memainkan level 1 dahulu. Untuk level 2 dan selanjutnya, hanya akan terbuka jika pemain bisa menyelesaikan 1 level sebelumnya. Pada pemain yang ingin kembali pada halaman utama dapat menekan tombol back.

3. Halaman Level 1

a. Awal Permainan

Untuk memulai level 1 pemain harus mengklik Z atau X terlebih dahulu agar permainan berjalan, begitupan untuk menggerakan kiri atau kenanan, jika ingin kekiri maka klik Z dan jika ingin kekanan klik X. Sesuai dengan latar belakang yang kami tulis level 1 ini akan bertemakan kehidupan manusia dimana akan diberikan animasi dari bayi sampai mati nantinya. Animasi yang kami berikan juga seperti kotak jika dlewati akan menyala kedip-kedip,
 

b. Pause


 
Sebelum mengatifkan fitur pause, pemain diharuskan mengklik tombol pause hijau disebelah kiri atas. Fitur pause sendiri berisi tombol Exit untuk kembali ke menu, tombol Restart untuk mengulangi level, dan tombol Resume untuk melanjutkan game. 
 

c. Gameover

Fitur gameover akan keluar setelah pemain menabrak pembatas jalan/keluar dari jalur putih. Pada panel Gameover sendiri ada informasi Score untuk menunjukkan skor pemain serta kedua tombol lainnya yaitu Exit dan Restart.
 

d. Checkpoint

Fitur checkpoint akan aktif setelah pemain melewati area checkpoint. Fungsinya sendiri adalah untuk menghidupkan pemain dari area checkpoint tersebut. Checkpoint sendiri akan aktif secara otomatis pada panel gameover.
 
Panel Gameover setelah pemain melewati area checkpoint

e. Finish

Jika pemain sudah melewati semua rintangan yang ada dan sampai di finsih, maka akan keluar panel Finish yang berisikan Skor maksimal pemain serta tiga tombol lainnya yaitu Exit, Restart, dan Next Level.
 

4. Halaman Level 2

Pada level 2 sendiri, kurang lebih sama dengan yang ada di Level 1, namun bedanya adalah hanya pada lagu dan rintangannya saja. Di level 2 ini memiliki tema hip-hop jadi ketika pemain mengklik tombol Z atau X akan ada animasi kedip-kedip.

Demo

Video Demo

 
Untuk cara penginstalan game, setelah file game didownload maka sudah bisa langsung dimainkan

 

Spesifikasi Sistem

A. Spesifikasi Game (Minimum)

OS : Windows XP, 7, 8, 10 32/64 bit Version
CPU : Intel Core i3
RAM : 1 GB
GPU : Integrated Graphics
Storage : Up to 100Mb++
 

B. Spesifikasi Unity Editor (Minimum)

Unity Version : Unity 2021.1.23f1 or higher
 

For Windows 

Operating system version : Windows 7 (SP1+), Windows 10 and Windows 11, 64-bit versions only
CPU : X64 architecture with SSE2 instruction set support
Grapichs API : DX10, DX11, and DX12-capable GPUs
Additional Requirement : Hardware vendor officially supported drivers

For macOS

Operating system version : High Sierra 10.13+
CPU : X64 architecture with SSE2 instruction set support
Grapichs API : Metal-capable Intel and AMD GPUs
Additional Requirement : Apple officially supported drivers

For Linux

Operating system version : Ubuntu 20.04, Ubuntu 18.04, and CentOS 7
CPU : X64 architecture with SSE2 instruction set support
Grapichs API : OpenGL 3.2+ or Vulkan-capable, Nvidia and AMD GPUs.
Additional Requirement : Gnome desktop environment running on top of X11 windowing system, Nvidia official proprietary graphics driver or AMD Mesa graphics driver. Other configuration and user environment as provided stock with the supported distribution (Kernel, Compositor, etc.)
 
Untuk informasi lengkapnya bisa dicek pada link berikut : https://docs.unity3d.com/2021.1/Documentation/Manual/system-requirements.html 
 

C. Tested Game

ASUS A455l

OS : Windows 8 64 bit
CPU : Intel Core i3 @ 2Ghz
RAM : 4GB DDR3L
GPU : Intel HD Graphics 

ASUS TUF FX504GD

OS : Windows 10 Home Single Language 64-bit (10.0, Build 18363)
CPU :  Intel(R) Core(TM) i5-8300H CPU @ 2.30GHz (8 CPUs), ~2.3GHz
RAM : 8GB DDR4
GPU : NVIDIA GeForce GTX 1050 , with 4GB DDR5 VRAM
 

LENOVO LEGION 5

OS : Windows 10/11 64-bit
CPU :  Amd Ryzen 7 4800H (16CPUs) ~ @2.9GHz
RAM : 16GB DDR4 
GPU : Nvidia GeForce RTX 2060

Informasi Developer

 Game ini dibuat oleh:
 
1. Hildhan Fauzul Hakim
2. I Kadek Dwi Andika Candradana
3. Gery Akhsan Syamsul Bahar
4. Hilham Bagus Begananda Panitis
 
Yang saat ini sedang berkuliah di Jurusan Teknik Elektro, Prodi Infomatika, Universitas Negeri Malang. Pembuatan game juga untuk memenuhi tugas mata kuliah Grafika Komputer Bapak Muis Muhtadi, S.T., M.T., M.Sc, Ph.D.
 

Akhir Kata

Game Dancing Line yang kami buat cocok digunakan bagi penyuka game seperti Guitar Hero dimana permainan kita harus menyesuaikan dengan irama lagunya. Game yang kami buat juga belum sepenuhnya selesai, jadi masih ada beberapa kekurangan dan pastinya masih juga ada beberapa bug. Namun harapan kami kedepannya dapat lebih sempurna lagi.
Previous Post Next Post