Antara Fitur ANC atau ENC, Mana yang Lebih Bagus?


Saat kamu sedang memilih headphone mana yang akan dibeli, ada beberapa hal penting yang perlu diperhatikan terlebih dahulu. Salah satu hal penting itu adalah fitur peredam bising atau noise cancellation pada headphone. Secara umum fitur noise cancellation terdiri dari dua jenis, ANC (Active Noise Cancellation) dan ENC (Environmental Noise Cancellation). 


Sekarang pertanyaannya, apa itu ANC dan ENC? Bagaimanakah perbedaan diantara keduanya? Untuk menjawab pertanyaan tersebut, mari kita bahas secara singkat mengenai ANC dan ENC.

 

Apa itu ANC?


ANC (Active Noise Cancellation) adalah metode untuk mengurangi suara bising dari luar dengan membuat suara anti bising guna meredam kebisingan tersebut. ANC bekerja menggunakan mikrofon untuk mengambil suara eksternal, lalu menciptakan gelombang suara yang berlawanan untuk meredam suara yang tidak diinginkan.


Apa itu ENC?


ENC (Environmental Noise Cancellation) adalah metode untuk mengurangi suara bising melalui kualitas build headphone. Cara kerja dari ENC sendiri tidak terlalu rumit, misalnya memberi penyerap suara tambahan dengan busa kepadatan tinggi pada earcup agar suara yang masuk dari luar menjadi terblokir.


Selain itu, untuk produk sejenis earbuds yang tidak ada busanya akan dibuat seperti saluran telinga untuk menutup lubang telinga pengguna agar mengurangi suara bising dari luar.

 

Perbandingan Keduanya

 

§ ENC dapat mengurangi kebisingan pada nominal yang sangat kecil, sedangkan ANC dapat membatalkan kebisingan hingga 40dB atau lebih.
§  Harga produk dengan fitur ENC lebih murah dibandingkan produk berfitur ANC.
§  ENC selalu bergantung pada kualitas build produk, sedangkan ANC tidak bergantung pada kualitas build karena menghasilkan anti-noise untuk mencegah kebisingan dari luar.

 

Mana yang Lebih Bagus?


Berdasarkan kemampuan dalam mengurangi atau memblokir kebisingan, headphone dengan fitur ANC adalah pilihan yang paling bagus. Namun, semuanya tergantung dengan preferensi pribadi dan situasinya.


Jika kamu berada di lingkungan yang sangat bising seperti pesawat terbang atau kereta api, fitur ANC lebih efektif dalam menghalangi kebisingan tersebut. Namun, jika kamu berada di lingkungan yang tenang dan ingin merasakan suasana alami, fitur ENC merupakan pilihan yang baik. Berbeda dengan ANC yang memerlukan daya baterai pada heaphone untuk bekerja, ENC tidak memerlukan daya baterai tersebut untuk bekerja.

 

Nah, itu tadi sekilas informasi mengenai ANC (Active Noise Cancellation) dan ENC (Environmental Noise Cancellation) dari kami. Nantikan informasi seputar teknologi, game, dan lainnya dari lingkuptekno.


1 Comments

Previous Post Next Post