Tutorial Cara Routing Dinamis Jenis EIGRP dan OSPF Beserta Implementasi DNS Server



Cara kerja routing dinamis yaitu Protokol Routing mengatur tiap Router sehingga dapat berkomunikasi antar Router satu dengan Router lainnya dan saling memberikan informasi dan juga tentunya informasi Routing yang dapat mengubah isi dari routing table, dengan kata lain Dynamic Routing adalah proses pengisian data pada Routing table secara otomatis.

Setidaknya ada 5 macam routing dinamis, tapi di contoh tutorial kali ini adalah jenis RIP dan EIGRP

EIGRP dan OSPF

Enhanced Interior Gateway Routing Protocol (EIGRP) adalah lanjutan jarak-vector routing protokol yang digunakan pada jaringan komputer untuk mengotomatisasi routing yang keputusan dan konfigurasi. Protokol ini dirancang oleh Cisco Systems sebagai protokol proprietary, hanya tersedia pada router Cisco. Fungsi parsial dari EIGRP dikonversi menjadi sebuah standar terbuka pada tahun 2013 dan diterbitkan dengan statusnya informasi sebagai RFC 7868 pada tahun 2016.

Open Shortest Path First (OSPF) adalah routing protocol untuk Internet Protocol (IP) jaringan. Ini menggunakan link state routing yang algoritma (LSR) dan jatuh ke dalam kelompok protokol routing interior , yang beroperasi dalam satu sistem otonom (AS). Hal ini didefinisikan sebagai OSPF Versi 2 di RFC 2328 (1998) untuk IPv4 . Update untuk IPv6 ditetapkan sebagai OSPF Versi 3 di RFC 5340 (2008).

Baca juga :  Tutorial Router Dinamis Jenis RIP dan EIGRP pada Cisco Packet Tracer

Konfigurasi/Tutorial

Banyak step-step yang harus dilakukan seperti membuat router distribute dll. Untuk itu konfigurasinya/tutorialnya sendiri bisa dilihat pada video berikut. 



Previous Post Next Post