Membuat Segitiga Asterik Dengan Bahasa Golang



    Hai sobat LiTe, kali ini kita akan melanjutkan lagi nih bermain dengan Golang. Tapi sebelumnya bagi sobat LiTe yang masih belum tahu Golang itu bahasa apa sih?

   Oke... Bagi sobat LiTe yang belum tahu, Golang atau Go adalah bahasa pemrograman yang dibuat di Google pada tahun 2009 oleh Robert Griesemer, Rob Pike, dan Ken Thompson. Go adalah bahasa pemrograman sumber terbuka yang mudah, sederhana, efisien. Selain itu, Go memiliki level yang sama dengan Java. Wikipedia

   Semoga Sobat LiTe sudah tau sekilas mengenai Go itu apa ya. Kali ini kita akan membuat sebuah program sederhana untuk mencetak segitiga asterik. Langsung saja kita pahami code dibawah ini ya :

 
    Pertama-tama, kita mengimpor paket "fmt" untuk memungkinkan penggunaan fungsi-fungsi input/output. Kemudian, kita mendeklarasikan variabel "rows" untuk menyimpan jumlah baris segitiga yang akan dicetak.
    
    Kita meminta input pengguna untuk jumlah baris menggunakan fungsi "Scan" dari paket "fmt". Selanjutnya, kita menggunakan dua nested loop for untuk mencetak segitiga sama sisi. Loop pertama digunakan untuk mengatur jumlah baris, sedangkan loop kedua digunakan untuk mencetak spasi sebelum karakter asterik dan karakter asterik pada setiap barisnya.
   
    Pada setiap iterasi loop kedua, kita mencetak karakter spasi menggunakan fungsi "Print" untuk menyesuaikan posisi karakter asterik pada setiap baris. Kemudian, kita mencetak karakter asterik pada setiap baris menggunakan fungsi "Print". Pada akhir setiap baris, kita pindah ke baris baru menggunakan fungsi "Println". Program akan berhenti setelah mencetak segitiga sama sisi sesuai dengan jumlah baris yang diminta pengguna. 

Berikut kami sajikan Code nya, Silahkan sobat LiTe bisa praktikkan langsung di code editor masing-masing ya untuk latihan.

package main

import "fmt"

func main() {
    var rows int

    fmt.Print("Masukkan jumlah baris: ")
    fmt.Scan(&rows)
    fmt.Println("Output :")

    for i := 1; i <= rows; i++ {
        // Mencetak spasi sebelum karakter asterik
        for j := 1; j <= rows-i; j++ {
            fmt.Print(" ")
        }
        // Mencetak karakter asterik pada setiap baris
        for k := 1; k <= i*2-1; k++ {
            fmt.Print("*")
        }
        fmt.Println()
    }
}

Jika Program tersebut kita jalankan, maka Program akan meminta kita untuk menginputkan jumlah baris yang nantinya akan dibuat


Contoh diatas saya menginputkan angka 4, maka output akan menghasilkan sebuah segitiga asterik dengan jumlah barisnya ada 4.

Demikian contoh program dan sedikit penjelasan mengenai membuat segitiga asterik dengan bahasa golang, semoga bermanfaat dan sukses.


Previous Post Next Post